Pengaruh Rasio Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Return Saham dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening

  • Siti Nurhaeni Ekonomi dan Bisnis
  • Lasmanah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Susilo Setiyawan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Rasio Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, pertumbuhan Penjualan

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of profitability ratios, company size and sales growth on stock returns in companies listed on the Jakarta Islamic Index 70 (JII70) for the 2020 period. The sampling technique used was purposive sampling. used by 35 companies. The method used in this research is path analysis. The results of this study indicate that simultaneously profitability ratios, company size and sales growth have no significant effect on dividend policy. then partially profitability ratio, company size and sales growth have no significant effect on dividend policy. Furthermore, profitability ratios, firm size, sales growth and dividend policy simultaneously have a significant effect on stock returns. While the profitability ratio and sales growth partially have a significant effect on stock returns, while company size and dividend policy have no significant effect on stock returns partially and dividend policy is able to influence the relationship between profitability, company size and sales growth to stock returns

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh rasio profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling data populasi penelitian sebanyak 77 perusahaan dan sampel yang digunakan sebanyak 35 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa Secara simultan rasio profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. kemudian secara parsial rasio profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Lebih lanjut rasio profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sementara rasio profitabilitas dan pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return saham sedangkan ukuran perusahaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham secara parsial dan kebijakan dividen mampu mempengaruhi hubungan profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap return saham.

Published
2022-08-15