Pengaruh Citra Merek, Cita Rasa dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Merek Kopi Kong Djie Siburik

  • sendi afrianto prodi manajemen fakultas ekonomi dan bisnis
  • Dedy Ansari Harahap
  • Ayu Esti Maharani
Keywords: Citra Merek, Cita Rasa, Harga

Abstract

Abstract. This research focuses on Brand Image, Taste, and Price on Purchase Interest. The purpose of this study was to determine the effect of Brand Image, Taste and Price on Consumer Purchase Interest in Kong Djie Siburik Coffee.  This research is included in the type of quantitative research using a correlation approach. Data collection techniques in this study were carried out through the distribution of questionnaires. The object of this research is the consumers who have bought Kong Djie siburik coffee as many as 190 people and are narrowed down in the number of samples as many as 160 consumers. The sampling technique used in this study is non-probability sampling, in which only a few of the population can be sampled. The data analysis used is descriptive and statistical analysis by using multiple linear regression analysis, F test and T test.  The results of this study indicate that the Brand Image variable partially has a significant effect on Purchase Interest, the Taste variable partially has a significant effect on Purchase Interest. and the price variable partially has a significant effect on buying interest. And simultaneously the variables of Brand Image, Taste, and Price have a significant effect on consumers' buying interest in Kong Djie Siburik coffee. 

Abstrak. Penelitian ini berfokus pada Citra Merek, Cita Rasa, dan Harga Terhadap Minat Beli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Cita Rasa dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Kong Djie Siburik. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Objek penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli kopi Kong Djie siburik sebanyak 190 orang dan dikerucutkan dalam jumlah sampel sebanyak 160 orang konsumen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-Probability sampling, yang dimana hanya beberapa dari populasi yang bisa menjadi sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, variabel Cita Rasa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan variabel Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Dan secara simultan variabel Citra Merek, Cita Rasa, dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli konsumen pada kopi Kong Djie Siburik.

Published
2022-08-13