Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Trust Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet LinkAja Pada Mahasiswa FEB Unisba

  • Mila Rahmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Moch. Malik Akbar
  • Septiana Ayu Estri Mahan
Keywords: Electronic Word of Mouth, Brand Trust, Keputusan Penggunaan

Abstract

Abstract. This study focuses on the application of electronic word of mouth and      brand trust to the decision to use. The purpose of this study was to determine the effect of electronic word of mouth and brand trust on the decision to use E-wallet LinkAja.This research is included in the type of quantitative research using a correlation approach. Data collection techniques in this study were carried out through the distribution of questionnaires. The object of this research is LinkAja E-Wallet users in active students of the Faculty of Economics and Business class 2018-2021 Bandung Islamic University with a sample of 100 users. The data analysis used is descriptive and verification analysis with quantitative methods using multiple linear regression analysis, T test and F test. The results of this study indicate that the Electronic Word Of Mouth partially has a significant effect on the decision to use, variable Brand Trust partially has an effect. significantly to the Decision to Use, and simultaneously the variables Electronic Word Of Mouth, and Brand Trust  have a significant effect on the Decision to Use E -Wallet LinkAja users at Unisba FEB Students.

Abstrak. Penelitian ini fokus pada penerapan electronic word of mouth dan brand trust terhadap keputusan penggunaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand trust terhadap keputusan penggunaan E-wallet LinkAja. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Objek penelitian ini adalah pengguna E-Wallet LinkAja di mahasiswa aktif fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2018-2021 Univeristas Islam Bandung dengan sampel sebanyak 100 orang pengguna. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Electronic Word Of Mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan penggunaan, variabel Brand Trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan, Dan secara simultan variabel Electronic Word Of Mouth, dan Brand Trust  berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan pada pengguna E-Wallet LinkAja di Mahasiswa FEB Unisba.

 

Published
2022-08-04