PENGARUH SALES PROMOTION DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ELEKTRONIK RUMAH TANGGA CV. LAJARUS TEKNIK

(Survey Pada Konsumen di Wilayah Kota Cimahi)

  • Rifaldo Taufik Hermawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Septiana Ayu Estri Mahani, S.E.,M.M. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Dr. Dedy Ansari Harahap, S.P., M.M. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Abstract

The increasing utilization of electronic devices makes market demand higher it makes the household electronics retail business today keeps growing. The purpose of this study is to empirically test the effect of sales promotion and product completeness on product purchasing decisions taken by researchers at CV. Lajarus Teknik. The method used is the Survey Method with the sampling technique is Non Probability Sampling. The type of research is quantitative with a descriptive approach. The population in this study is the citizen of Cimahi City who have purchased or utilize household electrical products CV. Lajarus Teknik. The sample taken is 193 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis which aims to measure the effect of the independent variables Sales Promotion (X1) and Product Completeness (X2) with the dependent variable Purchasing Decision (Y). The results of this test state that the Sales Promotion and Product Completeness variables have a significant effect on the Purchasing Decision variable for CV. Lajarus Teknik household electronic products.

Semakin tingginya penggunaan alat elektronik membuat permintaan pasar semakin tinggi, hal ini membuat bisnis retail elektronik rumah tangga saat ini semakin banyak dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh sales promotion dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian produk yang diambil oleh peneliti di perusahaan CV. Lajarus Teknik. Metode yang digunakan adalah Metode Survey dengan Teknik pengambilan sampel adalah Non Probability Sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Cimahi yang pernah melakukan pembelian atau menggunakan produk elektrik rumah tangga CV. Lajarus Teknik. Sampel yang diambil adalah 193 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel independent Sales Promotion (X1) dan Kelengkapan Produk (X2) dengan variabel dependen Keputusan Pembelian (Y). Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Sales Promotion dan Kelengkapan Produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian produk elektronik rumah tangga CV. Lajarus Teknik.

Published
2022-08-04