Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan E-Money ShopeePay (Survei Pada Masyarakat Kota Bandung)

  • Agung Dwi Cahyo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Ratih Tresnati
  • Dedy Ansari Harahap
Keywords: Persepsi Kemudahan, Promosi, Minat Penggunaan

Abstract

Abstract. Shopeepay is an electronic money service that functions as a payment method and to store refunds offered by one of the largest marketplaces in Indonesia, Shopee. Shopeepay can be said to be a feature that is rich in benefits with the perception of ease and also various promotions carried out. This study aims ti find out the description of perception of ease and Promotion of Interest in using Shopeepay e-money (Survei on the People of Bandung City) and find out to how much influence there is between Perception of Ease and Promotion of Interest in Using Shopeepay E-money (Survei of the People in Bandung City). This research is a type of descriptive and verification research with quantitative methods. The sampling technique used is purposive sampling. The population this study is the people of bandung city who use e-money shopeepay and obtained a sample of 205 people. Analysis of the data used is descriptive analysis and verification using multiple linear regression analysis, F test,t test and coefficient of determination. The result of this study indicate that the perception of ease partially has a significant effect on interest in use. Then promotion partially has a significant effect on interest in use. Ass well as the perception of ease and promotion simultaneously have a significant effect on the interest in using shopeepay e-money in the people of Bandung City.

Abstrak. Shopeepay merupakan sebuah layanan uang elektronik yang berfungsi sebagai metode pembayaran dan untuk menyimpan kembalian dana yang ditawarkan oleh salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia yaitu Shopee. Shopeepay bisa dikatakan sebagai fitur yang kaya manfaat dengan adanya persepsi kemudahan dalam menggunakannya dan juga berbagai promosi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Kemudahan dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan E-Money ShopeePay (Survei Pada Masyarakat Kota Bandung) serta mencari seberapa besar pengaruh antara Persepsi Kemudahan dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan E-Money ShopeePay (Survei Pada Masyarakat Kota Bandung). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat kota BandungĀ  yang menggunakan e-money dan didapatkan sampel sebanyak 205 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan. Kemudian Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan. Serta Persepsi Kemudahan dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan E-Money ShopeePay pada masyarakat Kota Bandung.

Published
2022-08-04