PENGARUH BRAND AMBASSADOR, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA TIPE AEROX ( SURVEI PADA PENGGUNA AEROX DI KEC.KELAPA KAMPIT )

  • Alfurqaan Annamusul Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Manajemen
  • Dr. Dede R. Oktini, S.E., M.P.
  • Septiana Ayu Estri Mahani, S.E., M.M.
Keywords: Brand Ambassador, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Price, Brand Image, Purchase Decision

Abstract

This study focuses on the application of Brand Ambassador, Price, and Brand Image to Purchase Decisions. The purpose of this study was to determine the effect of Brand Ambassador, Price, and Brand Image on Purchase Decisions for Yamaha Aerox type motorcycles.

This research is included in the type of quantitative research using a correlation approach. Data collection techniques in this study were carried out through the distribution of questionnaires. The object of this research is the user of Yamaha Aerox type motorcycle and the sample size is 130 users. The sampling technique used in this study is non-probability sampling, where the population elements are selected based on the judgment of the researcher. Analysis of the data used is descriptive and statistical analysis by using multiple linear regression analysis, F test and T test.

The results of this study indicate that the Brand Ambassador variable partially has a significant effect on Purchase Decisions, the Price variable partially has a significant effect on Purchase Decisions and the Brand Image variable partially has a significant effect on Purchase Decisions. And simultaneously the Brand Ambassador, Price, and Brand Image variables have a significant effect on consumer purchasing decisions on Yamaha Aerox motorcycles.

Keywords: Brand Ambassador, Price, Brand Image, Purchase Decision

Abstrak : Penelitian ini berfokus pada penerapan Brand Ambassador, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Yamaha tipe Aerox.

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Objek penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Yamah tipe Aerox dan dikerucutkan dalam jumlah sampel sebanyak 130 orang pengguna. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-Probability sampling, dimana elemen populasi dipilih berdasarkan judgment peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji T.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan variabel Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan secara simultan variabel Brand Ambassador, Harga, dan Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada sepeda motor Yamaha tipe Aerox.

Kata kunci : Brand Ambassador, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Published
2022-08-04