Pengaruh Kualitas Produk dan Potongan Harga terhadap Minat Beli Konsumen

  • Firman Budyanto Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Dede R Oktini
  • Septiana Ayu Estri Mahani
Keywords: Kualitas Produk, Potongan Harga, Minat Beli

Abstract

Abstract. The purpose of this research is to find out how the quality of Tekun.id's products is, to find out how to apply price discounts on Tekun.id beverage products, to find out buying interest in Tekun.id drinks and to find out how much influence product quality and price discounts have on buying interest. consumer. This research activity was carried out at the Tekun.id outlet, Jl. Cimanuk Kab. Garut.  The research method used is a survey with a non-probability sampling purposive sampling technique. This type of research is quantitative verification. The population in this study are Tekun.id consumers who live in Kab. Garut and social media users. The sample taken is 97 respondents. The data analysis method used is multiple linear analysis with the aim of knowing the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) with the dependent variable (Y). The results of the tests carried out in this study stated that the variables of Product Quality and Price Discounts partially had a significant effect on Purchase Interest. And simultaneously the variables of Product Quality and Price Discounts have an effect on Buying Interest at Tekun.id.

Abstrak. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Produk Tekun.id, untuk mengetahui bagaimana penerapan Potongan Harga pada produk minuman Tekun.id, untuk mengetahui Minat Beli pada minuman Tekun.id dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Produk dan Potongan Harga terhadap Minat Beli konsumen. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada gerai Tekun.id Jl. Cimanuk Kab. Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik sampel non probability sampling purposive. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Tekun.id yang berdomisili di Kab. Garut dan pengguna sosial media. Sampel yang diambil sejumlah 97 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen (X1) dan variabel independen (X2) dengan variabel dependen (Y). Hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel Kualitas Produk dan Potongan Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Serta secara simultan variabel Kualitas Produk dan Potongan Harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen minuman Tekun.id.

Published
2022-08-04