Pengaruh Personal Branding terhadap Kepercayaan Diri Guru di SMK Pelita Bandung

  • Anisa Faujiah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Rusman Frendika
  • Firman Shakti Firdaus
Keywords: Personal Branding, Kepercayaan Diri

Abstract

Abstract. This research is backgrounded in the development of the world of education which encourages teachers to always add insight to compensate for students' curiosity. A teacher must have a brand or personal identity that can distinguish from other teachers. This study aims to determine the influence of personal branding on the self-confidence of teachers at SMK Pelita Bandung. Whether personal branding has a positive and significant influence on the self-confidence of teachers at SMK Pelita Bandung, the research method used is the survey method. Types of associative research, descriptive and verifiable approaches, with kuntitative data types. The population used in this study was all teachers at SMK Pelita Bandung which amounted to 31 active teachers, and used a saturated sample technique where researchers would make the entire population as a sample. Based on the results of the study, it is shown that (1) Teachers of SMK Pelita Bandung have differences in showing their self-image, (2) Teachers of SMK Pelita Bandung are able to assess a problem objectively, (3) Personal branding teachers of SMK Pelita Bandung have the ability of 33.7% to influence the self-confidence of teachers of SMK Pelita Bandung. Through a simple regression test using the t-test of the confidence variable, it gets a coefficient result of 0.442 and a signification value of 0.001, so it can be interpreted that there is an influence and significantness between personal branding and the confidence of teachers at SMK Pelita Bandung.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan dunia pendidikan yang mendorong guru untuk selalu menambah wawasan untuk mengimbangi keingin tahuan siswa. Seorang guru harus memiliki brand atau identitas pribadi yang dapat membedakan dengan guru lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal branding terhadap kepercayaan diri guru di SMK Pelita Bandung. Apakah personal branding memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri guru di SMK Pelita Bandung, metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian asosiatif, pendekatan deskriptif dan verifikatif, dengan jenis data kuntitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Pelita Bandung yang berjumlah 31 guru aktif, dan menggunakan teknik sampel jenuh dimana peneliti akan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Guru SMK Pelita Bandung memiliki perbedaan dalam menunjukkan citra diri yang dimiliki, (2) Guru SMK Pelita Bandung mampu menilai suatu masalah secara objektif, (3) Personal branding guru SMK Pelita Bandung memiliki kemampuan 33.7% untuk mempengaruhi kepercayaan diri guru SMK Pelita Bandung. Melalui  uji regresi sederhana dengan menggunakan Uji-t variabel kepercayaan diri mendapatkan hasil koefisien 0.442 dan nilai signifikasi 0.001, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh dan siginifikan antara personal branding dengan kepercayaan diri guru di SMK Pelita Bandung.

Published
2022-08-03