Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Untuk Meningkatkan Kepuasan Siswa

  • Erma Walyuniar Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Tasya Aspiranti
  • Eka Tresna Gumelar
Keywords: Service Quality, Student Satisfaction, Importance Performance Analysis (IPA) Method.

Abstract

Abstract. Service quality is something that must be considered by educational institutions because education is very important fot everyone. SMA Negeri 2 Sumedang is one of the educational institutions that provides quality services in determining student satisfaction, including administrative services, teachers, infrastructure, and the learning process. This study aims to determine whether or not the services provided by SMA Negeri 2 Sumedang are satisfied and determine the service attributes that need to be prioritized for improvement in increasing student satisfaction. Therefore, this study uses the Importance Performance Analysis (IPA) method to determine student satisfaction and interests, from the results of data processing, it is found that there are 6 attributes in quadrant A that  must be prioritized for immediate improvement.

Abstrak. Kualitas pelayanan menjadi hal yang harus diperhatikan oleh institusi pendidikan karena pendidikan sangat penting bagi semua orang. SMA Negeri 2 Sumedang merupakan salah satu institusi pendidikan yang menyediakan kualitas layanan dalam menentukan kepuasan siswa antara lain pelayanan administrasi, guru, sarana prasarana, serta proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui puas atau tidaknya pelayanan yang diberikan SMA Negeri 2 Sumedang serta menentukan atribut pelayanan yang perlu diprioritaskan untuk diperbaiki dalam meningkatkan kepuasan siswa. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui kepuasan dan kepentingan siswa, dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa ada 6 atribut dalam kuadran A yang harus diprioritaskan untuk segera diperbaiki.

Published
2022-01-19