Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Bandung

  • Mega Kania Putri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Lasmanah Prodi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif

Abstract

Abstract. This study aims to determine how big the influence of Financial Literacy and Lifestyle on Consumptive Behavior partially and simultaneously on Management Students Class of 2018 Islamic University of Bandung. Due to the phenomenon of consumptive behavior in students who spend to go to malls, cafes, hang out with their friends, resulting in students needing to have financial management behavior that can be improved. By improving financial management, adding insight into financial literacy, controlling income and expenses, and paying attention to a lifestyle which nowadays always wants to look luxurious, and is recognized by friends when using branded goods. By conducting this research in order to find out how Financial Literacy, Lifestyle, and Consumptive Behavior are management students of the 2018 Islamic University of Bandung. This research is categorized as causal research with quota sampling. The population in this study were 337 students while the number of samples obtained was 78 students using the Slovin formula. The data collection technique used is by distributing questionnaires in the form of questionnaires to Management students of the 2018 Islamic University of Bandung. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 25. So it can be concluded that there is a partial and simultaneous significant influence between Financial Literacy and Lifestyle on Consumptive Behavior. Simultaneous effect of 69.1% while the remaining 30.9% is explained by variables not examined in this study.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif secara parsial dan simultan pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018 Universitas Islam Bandung. Karena adanya fenomena mengenai perilaku konsumtif pada mahasiswa yang melakukan pengeluaran untuk pergi ke mall, kafe, nongkrong bareng teman-temannya, sehingga mengakibatkan mahasiswa perlu memiliki perilaku pengolaan keuangan yang mampu diperbaiki. Dengan cara memperbaiki pengelolaan keuangan, menambah wawasan tentang literasi keuangan, pengendalian dalam pendapatan dan pengeluaran, serta memperhatikan gaya hidup yang dimana pada zaman sekarang selalu ingin terlihat mewah, dan diakui oleh teman-temannya ketika menggunakan barang yang bermerk. Dengan melakukan penelitian ini agar mengetahui bagaimana Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Perilaku Konsumtif mahasiswa manajemen Angkatan 2018 Universitas Islam Bandung. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kausal dengan kuota sampling. Populasi didalam penelitian ini yaitu sebanyak 337 mahasiswa sedangkan jumlah sampel yang diperoleh yaitu sebesar 78 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket berupa kuesioner kepada mahasiswa Manajemen angkatan 2018 Universitas Islam Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25. Sehingga dapat disimpulkan secar aparsial dan simultan adanya pengaruh signifikan antara Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif. Pengaruh secara simultan sebesar 69,1% sedangkan sebesar 30,9% sisanya dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2022-08-03