Pengaruh Bauran Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian

  • Meta Rianty Manajemen, Fakultas Ekonomi dan bisnis
  • Ratih Tresnati
Keywords: Bauran Produk, Harga,, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. The purpose of this research has been to find out the application of Product Mix, Price, and Purchase Decision in RM Ponorogo, and also to find out how much influence the Product Mix and Price partially and simultaneously affects the Purchase Decision in RM Ponorogo Madang District Tribe II. The problem found in this study is that the Product Mix and Price have not been able to drive the Purchase Decision at RM Ponorogo because the product mix is less varied and the price is relatih more expensive than the same RM. The method used in this study is a survey method with sampling techniques using non probability sampling techniques, and selected is incidental sampling technique. This type of research is descriptive verifiive with a quantitative approach. The population in this study is rm ponorogo consumers in Madang Suku II subdistrict. The sample was 100 respondents. The data analysis method used is a multiple linear regression analysis whose purpose is to determine the direction of the relationship between the Product Mix variable and price to the purchase decision. In this test the results stated that the variable Product Mix and Price to the Purchase Decision at RM Ponorogo had a significant effect partially and simultaneously.

Abstrak. Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan ini untuk mengetahui penerapan Bauran Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian di RM Ponorogo, dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Bauran Produk dan Harga secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian di RM Ponorogo Kecamatan Madang Suku II. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Bauran Produk dan Harga belum mampu mendorong Keputusan Pembelian di RM Ponorogo karena bauran produknya yang kurang bervariasi dan harganya yang relatih lebih mahal dibandingkan RM sejenisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, dan yang dipilih yaitu teknik insidental sampling. Jenis penelitian ini ialah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah konsumen RM Ponorogo di Kecamatan Madang Suku II. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Metode analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda yang tujuannya untuk mengetahui arah hubungan antara variabel Bauran Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Dalam pengujian ini hasilnya menyatakan bahwa variabel Bauran Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di RM Ponorogo berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan.

Published
2022-08-03