Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian yang di Moderasi Oleh Kepercayaan Konsumen pada pengguna Marketplace Shopee

  • Hasna Ariani Putri Ekonomi Manajemen
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Ekonomi dan Bisnis Manajemen
  • Dedy Ansari Harahap Ekonomi dan Bisnis Manajemen
Keywords: Persepsi Risiko, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. This study has a purpose, namely to determine the effect of risk perception on purchasing decisions moderated by consumer confidence. This research uses descriptive and causal verification research with quantitative methods. The method of collecting data in this study is by using a questionnaire or questionnaire to a predetermined sample and adjusted to the research theme to be carried out. The population in this study were a number of students from the Bandung Islamic University Management Study Program which consisted of 337 students. Based on the population that the author has determined, the sample obtained to continue this research is 183 students. In this research, the writer uses random sampling as a sampling technique. Sample random sampling itself is a random sampling technique. In this study, the method of moderated regression analysis (MRA) was processed using IMB SPSS software version 26.0. This study shows the results that partially the Risk Perception variable has a significant effect on Purchase Decisions, while simultaneously the Risk Perception and Consumer Trust variables have a significant effect on Purchase Decisions on the Shopee Marketplace.

Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetaui Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian yang di Moderasi oleh Kepercayaan Konsumen. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif kausal dengan metode kuantitatif. Cara pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner atau angket kepada sampel yang telah ditentukan sebelumnya serta disesuaikan dengan tema penelitian yang akan dijalankan. Populasi didalam penelitian ini yaitu sejumlah mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung yang terdiri dari 337 mahasiswa. Berdasarkan populasi yang telah penulis tentukan maka diperoleh sampel untuk melanjutkan penelitian ini yaitu sebesar 183 mahasiswa. Pada enelitian ini, penulis menggunakan sample random sampling sebagai teknik sampling. Sample random sampling sendiri merupakan teknik pengambilan sampling secara acak. Pada penelitian ini menggunakan metode moderated regression analysis (MRA) yang diolah dengan menggunakan software IMB SPSS versi 26.0. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa secara parsial variabel Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan secara simultan variabel Persepsi Risiko dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee.

Published
2022-07-29