Analisis Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Secara Online yang Dimoderasi Oleh Website Quality

  • Sri Nur Fahmi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi
Keywords: Pemasaran Media Sosial, Keputusan Pembelian Secara Online, Kualitas Website

Abstract

Absract. This research aims to determine the effect of social media marketing on online purchasing decisions moderated by website quality at UKM Cekhas.id. This type of research is descriptive and causal verification with quantitative methods. The population in this study are consumers who have bought products from MSMEs Cekhas.id. The sample in this study was 100 respondents with the sampling technique used was based on non-probability sampling technique with a purposive sampling approach and the data collection method used a questionnaire. The data analysis method used moderated regression analysis (MRA) which was processed with IBM SPSS software version 25.0. Based on the results of the study, partially there is a significant influence of social media marketing variables on online purchasing decisions. However, partially there is no significant effect of moderate variables (social media marketing and website quality) on online purchasing decisions. Meanwhile, simultaneously there is a significant influence of social media marketing on online purchasing decisions which is moderated by website quality on Cekhas.id with a contribution value of 65.9% while other variables outside this study have an influence of 34.1%.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian secara online yang dimoderasi oleh kualitas website pada UMKM Cekhas.id. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif kausal dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk dari UMKM Cekhas.id. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik penentuan sampel yang digunakan adalah berdasarkan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan moderated regression analysis (MRA) yang diolah dengan software IBM SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial terdapat pengaruh signifikan dari variabel pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian secara online. Namun secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan dari variabel moderat (pemasaran media sosial dan kualitas website) terhadap keputusan pembelian secara online. Sementara secara simultan terdapat pengaruh signifikan dari pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian secara online yang dimoderasi oleh kualitas website pada Cekhas.id dengan nilai kontribusi sebesar 65,9% sedangkan variabel lain di luar penelitian ini memberikan pengaruh sebesar 34,1%.

Published
2022-02-06