Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Kota Bandung

  • Mohamad Musa Abdullah Manajemen Pemasaran
  • Dede R Oktini
  • Dedy Ansari Harahap
Keywords: Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Buying Decision

Abstract

Absract. This research is purposed to determine Social Media Marketing and Brand Awareness on E-Commerce Shopee Customer, to determine Buying Decision of E-commerce Shopee customer, also to determine the influence Social Media Marketing  and Brand Awareness on Buying Decision of E-commerce Shopee customer. Survey method is used in this Research, it is vericative descriptive by quantitative approach. Purposive sampling technique is used in this research. The sample of this research is three hundred and eighty four  (384) respondents. Population of this research is Shopee e-commerce customer in Bandung. Questionnaire is a technique for collecting a data. Also the method of data analyzing is multiple linear regression analysis, it purposes to have a relationship between Social Media Marketing independent (X1) and Brand Awareness (X2) by Buying Decision dependent variable (Y).  The result of this research shows that Social Media Marketing and Brand Awareness influenced significantly on Buying Decision. In addition Social Media Marketing and Brand Awareness simultaneously influenced on variable of shopee Buying Decision in Bandung.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Social Media Marketing dan Brand Awareness pada pengguna E-commerce Shope, untuk mengetahui besar pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna E-commerce Shopee di Kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pemngambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 384 orang responden. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna E-commerce Shopee di Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara independen Social Media Marketing (X1) dan Brand Awareness (X2) dengan variabel dependent Keputusan Pembelian (Y). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa variabel Social Media Marketing dan Brand Awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian serta secara simultan variabel Social Media Marketing dan Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna E-commerce Shopee di Kota Bandung.

Published
2022-01-27