Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen Pada UD Merdeka Notog di Purwokerto

  • Niki Puja Pratini Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Nina Maharani Prodi manajamen, fakultas ekonomi dan bisnis
  • Dedy Ansari Harahap Prodi manajamen, fakultas ekonomi dan bisnis
Keywords: Store Atmosphere, Lokasi, Minat Beli

Abstract

Abstract. This study aims to determine the description of the store atmosphere, location, and buying interest at UD Merdeka Notog, to determine the effect of store atmosphere on buying interest, to determine the effect of location on buying interest, to determine the effect of store atmosphere and location on buying interest. The research method used is a survey method, the type of research used is quantitative. The sampling technique used was non-probability sampling, and the chosen one was accidental sampling. The sample in this study amounted to 125 respondents. The data collection technique used is a questionnaire. The data analysis method used is multiple linear regression analysis to determine the direction of the relationship between the independent variable and the dependent variable. The results of this study indicate that the application of the store atmosphere by the store is quite good, the application of the location by the store is quite good, and consumer buying interest in the UD Merdeka Notog minimarket is good. The store atmosphere variable partially has a significant effect on buying interest, location partially has a significant effect on buying interest, store atmosphere and location simultaneously have a significant effect on buying interest.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran store atmosphere, lokasi, dan minat beli UD Merdeka Notog, untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap minat beli, untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap minat beli, untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan lokasi terhadap minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, dan yang dipilih adalah accidental sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 125 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniar berganda untuk mengetahui arah hubungan antara variable independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan store atmosphere yang dilakukan toko cukup baik, penerapan lokasi yang dilakukan toko cukup baik, dan minat beli konsumen terhadap minimarket UD Merdeka Notog baik. Variabel store atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli, lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli, store atmosphere dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

Published
2022-01-27