Analisis Pengaruh E Service Quality terhadap Repurchase Intention dengan E Satisfaction sebagai Variabel Intervening

  • Satria Husni Ramadhan Manajemen Ekonomi & Bisnis
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih
Keywords: Kepuasan Pelanggan Elektronik, Kualitas Pelayanan Elektronik, Minat Pembelian Kembali

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to identify the effect of the variable E Service Quality on Repurchase Intention on online food delivery service users Grabfood in Bandung, mediated by the variable E Satisfaction. The research method used in this study is the survey method, with a questionnaire item implemented in this study as many as 31 items, with a sample of 100 respondents with certain criteria that have been set by researchers, including respondents who have made purchases through Grabfood in the city of Bandung. The sampling technique used in this research is purposive sampling technique. The data analysis technique used in this research is Path Analysis or path analysis using SPSS 25.0 software and a significance level of 5%. The results obtained in this study are E-Service Quality has a direct influence on E-satisfaction, then E-Satisfaction has a direct influence on Repurchase Intention, E-Service Quality has a direct effect on Repurchase Intention, E-Service Quality has an indirect influence Repurchase Intention through E-satisfaction.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh antara variabel kualitas pelayanan elektronik terhadap minat pembelian secara berulang pada pengguna layanan pesan antar makanan Grabfood di Kota Bandung yang dimediasi oleh variabel kepuasan pelanggan elektronik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey, dengan item kuisioner yang diimplementasikan pada penelitian ini sebanyak 31 item, dengan sampel yang berjumlah 100 responden dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan peneliti, yang diantaranya yaitu responden yang pernah melakukan pembelian melalui Grabfood di kota Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis atau analisis jalur dengan perangkat lunak SPSS 25.0 dan tingkat signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh secara langsung terhadap kepuasan elektronik, kemudian kepuasan pelanggan elektronik memiliki pengaruh secara langsung terhadap minat beli ulang, kualitas layanan elektronik berpengaruh secara langsung terhadap minat beli ulang, dan kualitas layanan secara elektronik memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap minat pembelian secara berulang melalui kepuasan pelanggan elektronik.

Published
2022-01-26