Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Keuangan pada Generasi Z
Abstract
Abstrack. Students are the younger generation who are most affected by development, modernization in the teenage age group and cannot be separated from the needs and desires in fulfilling a hedonic lifestyle, as is the case in everyday life, namely wasteful shopping behavior by buying what they want, then buying habits. fast food compared to cooking at home, and so on. As members of a younger age, students can easily adopt new technology and follow cultural changes that influence their behavior. Eventually teenagers adopt and idolize this behavior as part of their lifestyle.This research aims to determine whether there is an influence between Financial Literacy and Hedonic Lifestyle on Financial Behavior. This research uses a descriptive verification method with a quantitative research type. Data collection was obtained through distributing questionnaires, observation and literature study. The data collection technique in this research used purpose sampling with a population of 500 students with a sample size of 125 active FEB UNISBA students class of 2020.The results of this research conclude that Financial Literacy and Hedonic Lifestyle on Financial Behavior in UNISBA Management Students class of 2020, have a significant influence both partially and simultaneously. So the higher the Financial Literacy and Financial Behavior, the lower the Hedonic Lifestyle for each student.
Abstrak.
Mahasiswa merupakan generasi muda yang paling terpengaruh oleh perkembangan, modernisasi pada kelompok usia remaja dan tidak terlepas dari kebutuhan dan keinginan dalam memenuhi gaya hidup hedonis, seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku berbelanja secara boros dengan membeli apa yang diinginkan, kemudian kebiasaan dalam membeli makanan fast food dibandingkan dengan masak sendiri dirumah, dan lain sebagainya. Sebagai anggota yang tergolong usianya yang lebih muda, mahasiswa dapat dengan mudah mengadopsi teknologi baru dan mengikuti perubahan budaya yang memengaruhi perilaku mereka. Pada akhirnya remaja mengadopsi dan memuja perilaku ini sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner, observasi, dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan purpose sampaling dengan populasi sebanyak 500 mahasiswa dengan jumlah sampel sebesar 125 kepada mahasiswa aktif FEB UNISBA angkatan 2020.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Aktif FEB UNISBA angkatan 2020, memiliki pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan. Maka semakin tinggi Literasi Keuangan dan Perilaku keuangan, semakin rendah Gaya Hidup Hedonis setiap mahasiswa.
References
[2] Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208
[3] Buderin, L., Salasa Gama, A. W., & Yeni Astiti, N. P. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pendapatan Terhadap Kemampuan Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Generasi Z. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 1–18. https://mail.google.com/mail/u/0/?ik=572e08c4df&view=pt&search=all&permthid=thread-f:1761757885039653583&simpl=msg-f:1761757885039
[4] Albertus, S. S., Leksono, A. W., & Vhalery, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Kampus Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 1(1), 33. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7042
[5] Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104
[6] Yosefa Renan Panu. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme, Prilaku Konsumtif dan Pentingnya Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Asrama Asmadewa Yogyakarta. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 4436–4452. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.941
[7] Triyono, J. B. J., & Sitorus, D. H. (2023). Literasi Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Generasi Z Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 423–433. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/6038
[8] Nirmala, N., Muntahanah, S., & Achadi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Feb Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Monex Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 11(01), 1–9. https://doi.org/10.30591/monex.v11i01.2439
[9] Putri, W. D., Fontanella, A., & Handayani, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Financial Technology, Gaya Hidup dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 51–72. https://doi.org/10.30630/jam.v18i1.213
[10] Gultom B.T, HS Renol S, & Siagian L. (2022). Dampak Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 134–144. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/46896
[11] Aini, P. N., & Rahayuningsih, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pekerja Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163
[12] Fatimah, N., & Susanti. (2018). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Pendidikan Akuntansi , 6, 48–57.
[13] Kenale Sada, Y. M. V. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(2), 86–99. https://doi.org/10.55587/jla.v2i2.35
[14] Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” dan strategi melayaninya. Ambassador: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 23–34. stt-indonesia.ac.id › journal › indeks
[15] Qurrotul Aini, Uswatun Hasanah, Zahra Zakiyah, D. P. (2024). Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perkembangan Sosial Remaja. Madani : Journal of Islamic Education, 1(1), 16–25.