Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi

  • Destiana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Yudha Dwi Nugraha Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Celebrity Endorser, Purchase Intention, Brand Image

Abstract

Abstract. This study focuses on celebrity endorsers, brand image, and purchase intention. The purpose of this study is to determine the relationship between celebrity endorsers and purchase intention and the role of brand image as a mediating variable on Scarlett Whitening products in Subang City. This study is included in descriptive and verification research using a quantitative approach. The method used in this study is a survey method with a questionnaire instrument. Scarlett Whitening is the object of this study. This study has a sample of 113 respondents using purposive sampling. The data analysis used is descriptive and verification analysis, namely using the T test, regression and Sobel test. The results of this study state that celebrity endorsers have a positive and significant effect on brand image, brand image has a positive and significant effect on purchase intention, celebrity endorsers have a positive and significant effect on purchase intention, and celebrity endorsers have a positive and significant effect on purchase intention mediated by brand image.

 

 

Abstrak.

Penelitian ini berfokus pada celebrity endorser, brand image, dan purchase intention. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara celebrity endorser dan purchase intention serta peran brand image sebagai variabel mediasi pada produk Scarlett Whitening di Kota Subang. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dengan instrument kuesioner. Scarlett Whitening adalah Objek dari penelitian ini. Penelitian ini memiliki sampel yang berjumlah 113 responden dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verivikatif yaitu menggunakan uji T, regresi dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention,celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand image.

 

References

[1] F. Febrinastri, “Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM,”Available: https://www.suara.com/pressrelease/2022/09/13/105011/hingga-juli-2022-industri-kosmetik-meningkat-83-dan-didominasi-ukm#:~:text=Tahun 2021%2C berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik,kosmetik mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20%2C6 persen.
[2] L. Hasibuan, “Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi,” CNBC Indonesia. Accessed: Nov. 14, 2023. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33-385138/industri-kecantikan-tahan-krisis-laris-manis-meski-pandemi
[3] S. E. Hardum, “Tren Pengguna Kosmetik Meningkat, Indonesia Diprediksi Jadi Pasar Kelima Terbesar di Dunia,” Beritasatu.com. [Online]. Available: https://www.beritasatu.com/ekonomi/782347/tren-pengguna-kosmetik-meningkat-indonesia-diprediksi-jadi-pasar-kelima-terbesar-di-dunia
[4] Y. D. Nugraha, R. M. T. Permana, D. A. Harahap, M. Shaikh, and H. I. Fauziah, “The interaction effect of consumer affinity and patriotism among millennial Muslim women consumers,” J. Islam. Mark., vol. 14, no. 10, pp. 2502–2530, 2023, doi: 10.1108/JIMA-06-2021-0211.
[5] H. Sa’diyah and E. F. Rafikasari, “PENGARUH LABELISASI HALAL, CITRA MEREK DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung),” Maro J. Ekon. Syariah dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 129–136, 2022, doi: 10.31949/maro.v5i1.2366.
[6] Compass.co.id, “Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar,” compass.co.id. Accessed: Nov. 14, 2023. [Online]. Available: https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/
[7] Compass.co.id, “Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar,” compass.co.id. Accessed: Nov. 14, 2023. [Online]. Available: https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/
[8] Scarlettwhitening.com, “No Title,” Scarlettwhitening.com. [Online]. Available: https://scarlettwhitening.com/
[9] W. Wagiyem and N. S. Larasati, “Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Brand Image,” Rev. Appl. Account. Res., vol. 3, no. 1, p. 76, 2023, doi: 10.30595/raar.v3i1.16911.
[10] H. Wisnu Wardhana, Z. Wahab, M. Saggaff Shihab, and Y. Yuliani, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 12, no. 3, pp. 431–446, 2021, doi: 10.32670/coopetition.v12i3.627.
[11] M. A. Algiffary, Z. Wahab, M. S. Shihab, and M. Widiyanti, “Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia,” AMAR (Andalas Manag. Rev., vol. 4, no. 2, pp. 16–31, 2020, doi: 10.25077/amar.4.2.16-31.2020.
[12] Z. Dhaefina, V. F. Sanjaya, and M. Sedap, “Jurnal manajemen,” vol. 7, pp. 43–48, 2021.
[13] I. B. N. Udayana, L. T. H. Hutami, and N. Mayrenda, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorser Terhadap Consumer Purchase Intention Smartphone Merek Vivo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Smartphone Vivo di Yogyakarta),” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 4, no. 5, pp. 1489–1504, 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v4i5.1004.
Published
2024-08-13