Pengaruh Promosi Syariah Melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian

  • Arifah Sahla Zafira Manajemen
  • Dede R Oktini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Mochamad Malik Akbar Rohadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Promosi Syariah, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract . This study focuses on the application of sharia promotion through social media to purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the effect of sharia promotion through social media on wardah products at Selamat Cianjur department store. The research method used was a survey with a non-probability sampling technique. This type of research is quantitative. The research population is consumers from the Selamat department store. The samples taken were 99 respondents. The data analysis method used is simple linear analysis with the aim of knowing the direction of the relationship and influence between the independent variable (X) and the dependent variable (Y). The results of this study indicate that the purchasing decision variable has a positive and significant effect on purchasing decisions.

Abstrak. Penelitian ini berfokus pada penerapan promosi syariah melalui media sosial terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi syariah melalui media sosial pada produk wardah di Toserba Selamat Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik sampel non- probality sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen dari Toserba Selamat. Sampel yang diambil sejumlah 99 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier sederhana dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan dan pengaruh antara variable independen (X) dengan variable dependen (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel keputusan pembelian berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan  pembelian.

References

Nurmianto, E. (2003). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Pertama. Surabaya: Guna Widya.

Philip, K. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 & 2. Jakarta: PT Indeks kelompok gramedia.

Schaffner, A. (2019). Social media marketing workbook 2019: how to leverage the power of Facebook advertising, Instagram marketing, YouTube and SEO to explode your business and personal brand. Social Media Guru.

Kambali, I. (1021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI KANTOR POS PATI 59100. Jurnal Bisnis dan Pemasaran.

Kambali, I. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI KANTOR POS PATI 59100. Jurnal Bisnis dan Pemasaran , 1-4.

Dr. Budi Rahayu Tanama Putri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar.

Nurmalina, R. (2015). Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Bogor: IPB Press.

Wibowo, R. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang: Google Books.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ricky Martjino, Sylvi Pricillia Santoso, Adriana Aprilia, & Marcus Remiasa. (2016). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kakkk, Ayam Geprek!!! .

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2016). Maktering Management. New Jersey: Pearson Education,Inc.

Dedy Ansari Harahap. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis.

Hery. (2018). Pengantar Manajemen (Cetakan Pertama ed.). Jakarta: PT Grasindo.

Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Djuanda, G. (2021). Fungsi-Fungsi Manajemen. In G. Djuanda, R. Christiany, Nasfi, G. B. Wijaya, Fitra Syafaat, C. Pramana, . . . Ashriady, & H. F. Ningrum (Ed.), Dasar Ilmu Manajemen (pp. 59-64). Bandung, Indonesia: Media Sains Indonesia.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN. Surabaya: UNITOMO PRESS.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (7th Editiong ed.). Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusa Pembelian Motor. KINERJA, 4(1), 16-23.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: CV. Rural Development Service.

Kristiawan, K. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing dan e-WOM terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal. Manajemen.

Tampi, J. R. (2020). Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity.

Mileva, L. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN . Skripsi.

Park, S. &. (2018). A Study on The Effects of Social Media Marketing activities on Brand Equity and Customer Responds in The Airline Industry.

Kotler, P. &. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Firmansyah, A. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Fatihudin, D. &. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Armahadyani. (2016). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Pa'mur Karawang. 3.

Rizqillah, M. d. (2020). Pengaruh Promosi, KUalitas dan CItra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perlengkapan Bayi Snobby di Kota Batam.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Unpam Press, Tanggerang Selatan.

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa.

Nasrullah, R. (2015). Media Social Perspektif Komunikasi, BUdaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektifitas Media Sosial Sebagai Media Promosi.

Damayanti, R. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram.

Agusti, M. U. (2020). Analisis Pengaruh Promosi dan Citra Destinasi Terhadap MInat Berkunjung dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Perantara.

Atmoko, T. P. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta.

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brnd Image anad Brand Loyalty. Business &Management Student: An International Journal.

al., G. e. (2016). Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Indluence on Brand Equity and Consumes Behavior.

Nasution, A. E. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart di Kota Medan).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 . Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ihsanudin, D., Oktini Prodi Manajemen, D. R., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Pengaruh Celebrity Endroser dan Brand Personality terhadap Purhase Intention pada Produk Erigo Store di Kota Bandung. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.1873

Rachmi Oktora Citra Rahayu, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.544

Salsa Agnia, Dede R. Oktini, & Rezi Muhamad Taufik Permana. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skincare Merek Somethinc. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 41–46. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i1.2041

Published
2024-02-14