Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Stres Kerja dan Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja

  • Muhamad Ilham Eka Dwirahman Manajemen
  • Tasya Aspiranti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Asni Mustika Rani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Peramalan ( Forecasting), Adjusted Exponential Smoothing, Mean Absolute Deviation (MAD)

Abstract

Abstract. The thesis is the final responsibility of students who have entered their final semester and is included in Academic Achievement. UNISBA students from the 2017 and 2018 classes have gone through the COVID-19 pandemic phase and the new normal phase where the pandemic situation is improving. The phenomenon of studying while working can also cause students to not be able to complete their studies, which take an average of four years, for more than the specified time due to an imbalance in managing time and also the emergence of work stress, so that one of the student's activities is left behind, be it lecture activities. as well as a decline in student performance while working. In this research, simple regression analysis acts as a statistical technique used to test whether there is an influence of Time Management on Job Stress, the influence of Time Management on Academic Achievement and the Correlation between Job Stress and Academic Achievement. The research results state that time management has a negative relationship with work stress and a positive relationship between time management and academic achievement as well as a lack of correlation between work stress and academic achievement. It is recommended that students re-arrange what they have to do, prioritizing the obligation to consult with study programs related to academic activities so that they can be completed on time so that the students and the university do not suffer losses.

Abstrak. Skripsi merupakan tanggung jawab akhir mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir yang termasuk ke dalam Prestasi Akademik . Mahasiswa Unisba angkatan 2017 dan 2018 telah melewati fase Pandemik COVID-19 dan fase new normal dimana keadaan pandemik membaik. Fenomena berkuliah sembari bekerja juga dapat menyebabkan mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya yang rata-rata ditempuh selama empat tahun menjadi lebih dari waktu yang ditentukan dikarenakan adanya ketidakseimbangan dalam mengatur waktu dan juga munculnya stres kerja, sehingga salah satu dari kegiatan mahasiswa tertinggal, baik itu kegiatan perkuliahan maupun turunnya kinerja mahasiswa saat bekerja. Dalam penelitian ini, analisis regresi sederhana berperan sebagai teknik statistik yang digunakan untuk menguji ada tidaknya pengaruh Manajemen Waktu terhadap Stres Kerja, pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademik dan Korelasi antara Stres Kerja dan Prestasi Akademik. Hasil Penelitian menyatakan Manajemen waktu memiliki hubungan negatif dengan Stres Kerja dan hubungan positif antara manajemen waktu dan prestasi akademik serta kurangnya korelasi antara stres kerja dan prestasi akademik. Disarankan agar mahasiswa kembali menyusun hal yang harus di lakukan, membuat prioritas kewajiban melakukan konsultasi dengan prodi terkait kegiatan akademik agar bisa diselesaikan tepat waktu agar pihak mahasiswa maupun universitas tidak mengalami kerugian.

References

Faulina, A., Dewi, R. S., & Arif, E. (2021). Fenomena Online Shopping Sebagai Gaya Hidup Dan Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Di Masa Pandemi Covid 19. TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, XII(1), 46–59. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tathwir/index

Hidayatullah, F., Putra, K. A. D., Rahman, R. A., & Mulawarman. (2021). Mediatisasi belanja online shop (shopee) melalui teknologi media. Kareba, 10(1), 34–45.

Kotler, P. dan A. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh Belas. Salemba Empat.

Nasir, M., & H. (2017). Pengaruh E-Service Quality dan Diskon Terhadap Minat Beli pada Situs Online di Website Zalora.co.id di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(1).

Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E- Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384

Pramudita, A. S., & Agustia, R. E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka.com. Competitive, 15(2), 106–114. https://doi.org/10.36618/competitive.v15i2.961

Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2017). Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel e-service quality dan e-security seals sebagai variabel x terhadap e-satisfaction sebagai variabel y melalui variabel z yakni keputusan pembelian . Tipe penelitian ini adalah e. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1, 164–173.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Tecoalu, M., Yonathan, K., & Tj, H. W. (2021). Minat Beli Memediasi Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Ukrida 2017). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 75–80. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2596

Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks Kelompok Gramedia

Published
2024-02-29