Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Chocolate Changer

  • Siti Fitrianti Manajemen
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Brand Image, Kualitas Produk, Promosi

Abstract

Abstract. Companies must be more rapid in product development, innovation, and creativity to improve the quality of the products to be marketed. Bandung is one of the cities that is the choice of consumers in the world of fashion, and culinary and is a city that has been chosen as one of the favorite destinations in Indonesia. The purpose of this research is to find out how much influence Brand image, Product Quality and promotion have on final consumer purchasing decisions at the Cikutra Bandung Outlet Branch. This research method uses a quantitative approach. The analysis techniques used are descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The source of this research uses primary data. Data collection for this research used a questionnaire. The sample for this research was 91 consumers of Chocolate Changer drinks, with the sample collection technique using probability sampling with the Slovin formula. Hypothesis test results show that Brand image, Product Quality, and promotion have a significant partial and simultaneous effect on purchasing decisions.

Abstrak. Perusahaan harus lebih pesat dalam pengembangan produk, inovasi dan kreativitas  yang diciptakan guna meningkatkan kualitas dari produk yang akan dipasarkan. Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi pilihan para konsumen dalam dunia fashion, kuliner dan kota yang terpilih sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa pengaruh Brand image, Kualitas Produk, promosi terhadap keputusan pembelian konsumen akhir di Cabang Gerai Cikutra Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 91 Konsumen minuman Chocolate changer, dengan teknik pengumpulan sampel yaitu menggunakan probability sampling dengan rumus slovin. Hasil uji hipotesis menunjukkan Brand image, Kualitas Produk, promosi berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.

References

Ahmadi, Khoirul, N., & Herlina. (2019). Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, 3(1).

Angelika, A., & Lego, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Chatime di Mall Ciputra, Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1). https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17164

Ardyan, E., & Gunawan, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MARK.ON.ID. PERFORMA, 6(2). https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2029

Azizah, N., Mahendra, D., & Lofian, B. (2019). Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3555

Dewi, D. R., Hartono, S., & Istiqomah. (2017). Pengaruh iklan, kualitas produk dan citra merek tehadap keputusan pembelian minuman probiotik merek Yakult (studi kasus pada konsumen Yakult di Kampung Botokan Pajang Laweyan Surakarta). Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 1(1).

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1).

Effendi, Z. R., Sentosa, E., & Nursina. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffee Depok. Ikraith-Ekonomika, 5(1).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fandy Tjiptono. (2017). Startegi pemasaran. Journal, 53(9).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2). https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6387

Gunawan, G., & Septayuda, I. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LARUTAN CAP KAKI TIGA DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Bina Manajemen, 11(2). https://doi.org/10.52859/jbm.v11i2.363

Helen Heliani, Dedy Ansari Harahap, & Septiana Ayu Estri Mahani. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Work Coffee di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.448

Hendrasto, F. (2017). Peran Identifikasi Merek dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Cinta kepada Merek. Jurnal Ekonomi Modernisasi. https://doi.org/10.21067/jem.v13i2.1761

Hikmah, N., & Ismunandar. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Pada Janji Jiwa Kota Bima. Jueb, 1(3).

Juwariyah, S. (2021). Pengaruh Promotion Mix dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Pondok Cokelat Hatta Samarinda. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(9). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i9.407

Kayanti, M. A. (2019). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian handphone oppo. In Jurnal Pundi.

Kotler, Philip; Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran : Jil. 1 / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; Alih Bahasa Bob Sabran. Jurnal Manajemen Dan Enterpreneurship, 6(3)..

Kotler, Philip & Amstrong, G. (2018). Principles of marketing (11 ed.). New York: Pearson International.

Kotler dan Amstrong. (2016). Principles of Marketing. New York: Pearson International., 735.

Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. In Jurnal Ilman.

Manan, L. ode A., Titop, H., & Yuliasari, W. (2022). PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN READY TO DRINK (RTD) KEDAI THREE THAI TEA DESA AWUNIO KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2). https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss2.340

Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(2). https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335

Purwati, S., Zunaida, D., & Krisdianto, D. (2022). Pengaruh Promosi, Shopping Lifestyle, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Aster Kosmetik Di Kota Malang). Jiagabi, 11(1).

Putra, D. A., & Wardhani, N. I. K. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di UD. Bintang Banggle. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2).

Ramadanty, V. L., Tresnati, R., & Harahap, D. A. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Prosiding Manajemen, 7(2).

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). 133954-ID-pengaruh-kualitas-produk-harga-promosi-d Jurnal. STIE Semarang, 8(2).

Salsabillah, F. F., & Wardani, N. I. K. (2023). Pengaruh Brand Image dan Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Starbucks Coffee Surabaya MERR). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1). https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.775

sangadah, khotimatus. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONEMEREK OPPO. In Orphanet Journal of Rare Diseases (Vol. 21, Issue 1).

Sapitri, T., Dedy Ansari Harahap, & Moch. Malik Akbar Rohandi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian di X Shop di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.239

Sondakh, C. (2015). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone Samsung Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3).

Susanto, D., Fadhilah, M., & Udayana, I. (2023). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Study Kasus Pada Konsumen Shopee Di Yogyakarta). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 3(2). https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v3i2.3911

Tj, H. W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba yang Dimediasi oleh Strategi Promosi (Studi Kasus: Konsumen Chatime Tanjung Duren). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i12.1875

Tjia, H. S., Suharno, S., & Kadafi, M. A. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian. KINERJA, 14(2). https://doi.org/10.29264/jkin.v14i2.2484

Tjiptono. (2017). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan & Kepuasan. Young Consumers. https://doi.org/10.1108/YC-05-2017-00697

Tjiptono, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. In Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen ISSN : 2461-0593.

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1). https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183

Anjani, D. D., Ratih Tresnati, & M. Malik Akbar Rohandi. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad di Kota Bandung). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.219

Muhammad Rifan Mutaqin, Mochamad Malik Akbar Rohandi, & Septiana Ayu Estri Mahani. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Transportasi Online Indrive di Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 69–78. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2824

Tryas Fariansyah, R., Aspiranti, T., Mustika Rani Prodi Manajemen, A., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Menggunakan Model Kano. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.3532

Published
2024-02-07