Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli yang dimoderasi oleh Kualitas Produk

  • Muhammad Ramdhan Pratama Manamejen
  • Hendrati Dwi M
  • Moch. Malik Akbar Rohandi
Keywords: Bauran Pemasaran, Minat Beli, Kualitas Produk

Abstract

Abstract. This research is based on competitive conditions on the development of more and more innovations in private vehicles. This focuses on two-wheeled vehicles which are the most popular vehicles every year. The automotive industry also faces several challenges, including intense competition, high production costs, and pressure to comply with increasingly stringent vehicle emissions standards. Therefore, automotive manufacturers continue to innovate and look for new solutions to meet increasingly stringent market and environmental demands. This research aims to find out how the marketing mix is applied to purchasing interest by using product quality moderation techniques for Honda Beat consumers. This research is included in descriptive research using a quantitative approach, the sampling technique used is non probability sampling with a Purposive Sampling approach. The population used is consumers who are interested in or have purchased a Honda Beat who live in the city of Bandung. The sample used in this research was 390 respondents. The data analysis used is descriptive and statistical analysis using simple regression analysis and MRA (Moderated Regression Analysis). The results of this research show that there is a positive and significant influence between the marketing mix on buying interest in the Honda Beat. Furthermore, product quality strengthens the relationship between the marketing mix and buying interest in the Honda Beat.

Abstrak. Kondisi persaingan pada kendaraan pribadi semakin banyak berkembang, hal ini berfokus pada kendaraan roda dua yang menjadi kendaraan paling banyak setiap tahunnya. Industri otomotif juga menghadapi beberapa tantangan, termasuk persaingan yang ketat, biaya produksi yang tinggi, dan tekanan untuk mematuhi standar emisi kendaraan yang semakin ketat pula. Oleh karena itu, produsen otomotif terus berinovasi dan mencari solusi baru untuk memenuhi tuntutan pasar dan lingkungan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran terhadap minat beli dengan menggunakan teknik moderasi kualitas produk pada konsumen Honda Beat. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Populasi yang digunakan merupakan konsumen yang berminat atau pernah melakukan pembelian Honda Beat yang berdomisili di Kota Bandung. Sample yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 390 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistic dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bauran pemasaran terhadap minat beli pada Honda Beat, selanjutnya, kualitas produk memperkuat hubungan antara bauran pemasaran terhadap minat beli pada Honda Beat.

References

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Magement. In Pearson.

Prastiwi, D. (2020). Analisis Bauran Pemasaran, Karakteristik Konsumen, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Di Universitas Ma Arif Hasyim Latif Sidoarjo. Iqtisha Dequity Jurnal Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.550

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe an Edition. In Pearson education ltd (Issue 17th Edition). www.pearson.com/uk.

Manumpil, A., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1808–1818.

Manumpil, A., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1808–1818.

Nurcahyati, A., & Nurdin. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Makro Ekonomi Terhadap Harga Saham. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.5519

Prastiwi, D. (2020). Analisis Bauran Pemasaran, Karakteristik Konsumen, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Di Universitas Ma Arif Hasyim Latif Sidoarjo. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1). https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.550

Rachmi Oktora Citra Rahayu, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.544

Rian Nugraha Efendi, K., Suwarsi Prodi Manajemen, S., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Pengaruh Beban Kerja terhadap Work Life Balance dan Implikasinya terhadap Kinerja Karyawan PT. Sicepat Dungus Cariang Bandung. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4228

Salsa Agnia, Dede R. Oktini, & Rezi Muhamad Taufik Permana. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skincare Merek Somethinc. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 41–46. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i1.2041

Published
2024-02-07