Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang Dimoderasi oleh Harga

  • Muhammad Daffa Azhar Manajemen
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Harga

Abstract

Abstract. In the current era of development, the fashion business has become one of the business that is sought after by the public after the food business. Indonesian development in the fashion sector is increasing sharply with the emergence of local brands that offer a wide variety of quality and advantages. Increasing of this research is to determine the relationship between product quality and purchasing decisions and price as a moderating variable in Clothing Erigo. The method used in this research is a survey method with a questionnaire instrument as the data collection technique. The objects of this research Erigo users who live in Bandung City. The sampling technique in this research used purposive sampling. There are two hypotheses in this research. To test the hypothesis, the techniques used are simple regression analysis and MRA (Moderated Regression Analysis). The research results show that there is a positive and significant influence between product quality on Erigo purchasing decisions. Furthermore, price strengthens the relationship between product quality and Erigo purchasing decisions.

Abstrak. Pada era perkembangan zaman saat ini, suatu bisnis fashion merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat sesudah bisnis makanan. Perkembangan Indonesia dalam bidang fashion kian meningkat tanjam dengan kemunculan brand brand local yang menyuguhkan dengan kualitas dan keunggulan yang sangat beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas produk dengan Keputusan pembelian dan harga sebagai variabel moderasi pada Clothing Erigo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode survei dengan instrument kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Objek penelitian ini ialah konsumen Erigo yang berdomisili di Kota Bandung. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Terdapat dua hipotesis yang ada pada penelitian ini. Untuk menguji hipotesis, Teknik yang digunakan yaitu analisis regresi sederhanadan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian Erigo. Selanjutnya, harga memperkuat hubungan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian Erigo.

References

Farisa, H., & Susanti W., (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion3second di Marketplace.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS25. Semarang:Badan Pernerbit Universitas Diponogoro

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R.E. (2019). Multivariate data analysis (8th edition).

Irfan, & Wardayani, (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Harga Sebagai Variabel Moderasi

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Nurul, A., Digor, & Rokhimah., S, (2022). Pengaruh Lifestyle dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (kasdin Sihotang (ed.); Cetakan Pe). Universtias Katolik Indonesia Atama Jaya.

Digjaya Nata Nagara, & Hendrati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 55–61. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001

Ihsanudin, D., Oktini Prodi Manajemen, D. R., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Pengaruh Celebrity Endroser dan Brand Personality terhadap Purhase Intention pada Produk Erigo Store di Kota Bandung. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.1873

Yesipah, & Susilo Setiyawan. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Lokus Kendali dan Kebiasaan Belanja terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 53–60. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i1.2063

Published
2024-02-07