Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku keuangan

  • Doni Subagja Manajemen
  • Handri Fakultas, Ekonomi dan Binis, Manajemen, Universitas Islam Bandung
Keywords: Financial literacy, Lifestyle, Financial Behavior

Abstract

Abstract. B It is important for a student to have good financial literacy and financial behavior. This is important to support students' financial intelligence in managing their finances to fulfill their needs. Financial intelligence in the long term, will result in students having wise financial behavior in making the right and correct consumption and not easily influenced by product offerings that tend to place the position of the younger generation as marketing segmentation. That way, students will develop into a generation that is able to control finances properly and correctly which in general will have an impact on the mentality to create the next generation who are anti-corruption. This research is a type of descriptive and verifiative research with quantitative methods. The sampling technique used is representative behavior. The population in this study was Unisba Management students class of 2020 and a sample of 75 people was obtained. The data analysis used is descriptive and verifiative analysis using multiple linear regression analysis, F test, t test, and coefficient of determination. The results of this study show that Financial Literacy partially has a positive and significant effect on Financial Behavior. Lifestyle partially has a positive and significant effect on Financial Behavior however. Then simultaneously Financial Literacy and Lifestyle have a significant effect on the Financial Behavior of Unisba Management students class of 2020.

Abstrak. Penting bagi seorang mahasiswa untuk memiliki literasi keuangan dan perilaku keuangan yang baik. Hal tersebut penting untuk mendukung kecerdasan finansial mahasiswa dalam mengelola keuangan yang dimiliki untuk pemenuhan keterbutuhannya. Kecerdasan finansial dalam jangka waktu yang panjang, akan mengakibatkan mahasiswa memiliki perilaku keuangan yang bijaksana dalam melakukan konsumsi yang tepat dan benar serta tidak mudah terpengaruh oleh penawaran produk yang cenderung menempatkan posisi generasi muda sebagai segmentasi pemasaran. Dengan begitu, mahasiswa akan berkembang menjadi generasi yang mampu mengendalikan keuangan dengan baik dan benar yang secara general akan berimpact pada mental untuk menciptakan generasi penerus yang anti korupsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif danverifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah representative behavior. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Unisba angkatan 2020 dan didapatkan sampel sebanyak 75 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan. Gaya Hidup secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan namun. Lalu secara simultan Literasi Keuangan dan Gaya Hidup berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Keuangan mahasiswa Manajemen Unisba angkatan 2020.

References

Abdurrahman, S. W., & Oktapiani, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 50-55.

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup pada perilaku keuangan pada generasi milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92-101.

Chinen, K., & Endo, H. (2012). Effects of attitude and background on students' personal financial ability: A United States survey. International Journal of Management, 29(2), 778.

Anjani, D. D., Ratih Tresnati, & M. Malik Akbar Rohandi. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad di Kota Bandung). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.219

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Ismi Nurul Izza Rahmawati, & Susilo Setiyawan. (2022). Analisis Anomali Pasar “January Effect dan The Day of The Week Effect” pada Return Saham Perusahaan IDX30 yang Terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) Periode Januari 2020 – Februari 2021. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 146–152. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.545

Published
2024-02-29