Pengaruh Stock Split terhadap Harga Saham dan Volume Perdagangan di Masa Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020

  • Jean Febriyanti Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Susilo Setiyawan Febrianti
Keywords: Stock Split, Harga Saham, Volume Perdagangan

Abstract

Abstract. This study to determine 1) Determine the distinction stock price to determine before and after the Stock Split 2) Determine the distinction trading volume to determine before and after the Stock Split . The research method used is descriptive analysis, paired sample t-test dan Wilcoxon by operating the calculations using the SPSS 25.0 program. The variables in this study are Stock Split, Stock Price, Trading Volume. Collecting data obtained through idx.co.id dan Profits. The sampling technique is Purposive Sampling total of 4 companies. The conclution of this study concluded that: The final results that. 1) there no differences stock price before and after stock split 2) there no differences trading volume before and after stock split. It can be concluded that there no differences between stock price and trading volume before and after stock split at pandemic Covid-19.

Abstrak. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui 1) Perbedaan Harga Saham sebelum dan setelah Stock Split 2) Perbedaan Volume Perdagangan sebelum dan sesudah Stock Split. Analisis deskriptif digunakan sebagai metode penelitian, paired sample t-test dan Wilcoxon digunakan untuk menganalis data menggunakan program SPSS 25.0. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini meliputi Stock Split, Harga Saham dan Volume Perdagangan. Pengumpulan data didapatkan melalui idx.co.id dan Profits. Purposive Sampling untuk menentukan sampel penelitian ini berjumlah 4 perusahaan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Harga saham sebelum dan setelah stock split tidak terdapat perbedaan yang signifikan. 2) Volume Perdagangan sebelum dan sesudah stock split tidak terdapat perbedaan. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada terdapat perbedaan harga saham dan volume perdagangan sebelum dan setelah stock split di Masa Pandemi Covid-19.

Published
2022-01-20