Pengaruh Kemasan dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian

  • Zaky Zardani Askarulloh Manajemen
  • Dede R. Oktini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kemasan, Label Halal, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. This research aims to find out how much influence halal packaging and labels have on purchasing decisions for Emina cosmetic products in Bandung, as well as how much influence halal packaging and labels have on purchasing decisions. This research is a type of descriptive and verification research using quantitative research methods. The sampling technique used in this research is non-probability sampling, the sampling technique used is purposive sampling. The data analysis used in this research is descriptive and verification analysis using multiple regression analysis. The results of this research show that halal packaging and labels have a partial and simultaneous influence on purchasing decisions.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik Emina di Bandung., serta seberapa besar pengaruh kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probality sampling, teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan kemasan dan label halal berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Bulan, L. P., & Fazrin, K. (2017). Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas.

Djuanda, G. (2021). Fungsi-Fungsi Manajemen. Dalam G. Djuanda, R. Christiany, Nasfi, G. B. Wijaya, Fitra Syafaat, C. Pramana, et al., & H. F. Ningrum (Penyunt.), Dasar Ilmu Manajemen (hal. 59-64). Bandung, Indonesia: Media Sains Indonesia.

Fatihudin, D. &. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN. Surabaya: UNITOMO PRESS.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Erlangga.

Kuspriyono, T. (2017). Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar. Perspektif.

Mardian, V., Susanto, & Dwicahyani, P. (2023). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Emina : Studi Kasus pada Mahasiswa UST Yogyakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah.

Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, Volume 1 Nomor 1.

Nisak, C. A. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. INSANI.

Rahayu, T., Sofyan, A., & Pratami, A. (t.thn.). Analisis Pengaruh Label Halal pada Kosmetik Terhadap Konsumen Kosmetik di Kecamatan Medan Amplas.

Rahmawati, I., Ferichani, M., & Widadie, F. (2021). Analisis Pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Fremilt Thai Tea di Kota Surakarta. Agrista : Vol 9 No. 4, 149-160.

Rizky, M., & Slamet, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Label Halal Terhadap Pembelian Konsumen pada Kosmetik Wardah di Kartasura. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah.

Saleh, S., & Zulkarnain, A. K. (April 2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan dan Dampaknya pada Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. Jurnal Economica Vol.III. No.1.

Septiyadi, L. A., & Dirgantara, B. M. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, Volume 10, Nomor 4, Halaman 1-14.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media.

Siti, A. N., & Febrina, A. (Volume 5 Issue 1 2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 45-56.

Sugiama, G. A., & Pambudy, B. S. (2017). Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus pada Wisatawan Nusantara di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 1-14.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widuri, R. Y. (2021). Pengaruh Kemasan dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 IAIN Batusangkar). Skripsi.

Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa Terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 9, Issue 2, 65-74.

Published
2024-02-07