Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kecantikan Make Over

  • Agita Rifdah NabilahJaya Manajemen
  • Dede R Oktini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bnadung
  • Septiana Ayu Estri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Digital Marketing, Minat Beli

Abstract

Abstract. This research focuses on digital marketing variables and purchase intention. The purpose of this research is to find out whether digital marketing influences consumer buying interest in Make Over beauty products in the city of Bandung.This type of research used is quantitative research. Quantitative research was conducted using survey methods through questionnaires as a data collection technique. In this study, the population is followers or followers on Instagram Make Over in the city of Bandung using a sample size of 100 people. The sampling technique in this study used random sampling. The data analysis used is descriptive analysis, multiple linear regression, classical assumption test, hypothesis test and coefficient of determination.The results of this study show that digital marketing has a significant effect simultaneously, the amount of influence exerted by digital marketing variables on buying interest simultaneously is 47.0%. Based on the coefficient of determination partially, the biggest contribution is digital marketing, which is 28.13%.

Keywords: Digital Marketing, Purchase Intention.

Abstrak. Penelitian ini berfokus kepada variable digital marketing dan minat beli. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah digital marketing mempengaruhi minat beli konsumen pada produk kecantikan Make Over di Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini, populasi merupakan followers atau pengikut pada Instagram Make Over di Kota Bandung dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan digital marketing berpengaruh signifikan secara simultan, besaran pengaruh yang diberikan oleh variabel digital marketing terhadap minat beli secara simultan yaitu 47,0%. Berdasarkan koefisien determinasi secara parsial kontribusi pengaruh terbesar adalah digital marketing yaitu sebesar 28,13%.

References

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen PemasaranJilid 2, edisi Ketiga Belas. Terjemhan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Eralaangga.

Nasrullah. (2019). Social Media Marketing: Teori dan Praktik. Penerbit Andi.

Muljono, R. K. (2018). Panduan Digital Marketing untuk Pemula. PT Elex.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons.

Media Komputindo. Patel, N., & Puri, R. (2021). Digital Marketing for Dummies. John Wiley & Sons.

Mileva. (2019). Digital Marketing: Konsep dan Strategi. Penerbit Andi.

Published
2024-02-07