Pengaruh Promosi Meida Sosial Dan Asosiasi Merek Terhadap Minat Beli

  • Wely Budianto Manajemen
  • Dede R. Oktini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Manajemen Universitas Islam Bandung
  • Rezi Muhamad Taufik Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Manajemen Universitas Islam Bandung
Keywords: Promosi Media Sosial, Asosiasi Merek, Minat Beli

Abstract

Abstract. Research is based on a phenomenon where a group of communities who like an idol group from a distant country, namely Japan. This study aims to find out the variables of Social Media Promotion and Brand Association, to determine Buying Interest in sakamichi series idol merchandise on sakamichi series fans in the discord social media community and also to find out the effect of Social Media Promotion and Brand Association on buying interest partially or simultaneously. This research is a type of descriptive and verification research by applying quantitative research methods. The data collection technique used for this research is by distributing questionnaires. The sampling technique in this study used non-probability sampling techniques with a purposive sampling approach. The data analysis used in this study used t hypothesis test analysis and F hypothesis test. The results of this study indicate that the Social Media Promotion variable partially has a significant effect on Purchase Interest, Brand Association partially has a significant effect on Purchase Interest, and Social Media Promotion and Brand Association simultaneously have a significant effect on Purchase Interest in sakamichi series idol merchandise.

Abstrak. Penelitian didasarkan pada sebuah fenomena dimana sekelompok komunitas yang menyukai sebuah grup idol dari negara yang jauh yaitu jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu variabel Promosi Media Sosial dan Asosiasi Merek, untuk mengetahui Minat Beli pada merchandise idol sakamichi series pada penggemar sakamichi series di komunitas media sosial discord serta juga mencari tahu pengaruh Promosi Media Sosial dan Asosiasi Merek terhadap minat beli secara parsial maupun simultan. Pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menerapkan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini dengan cara melakukan penyebaran kuesioner. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling.. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji hipotesis t dan uji hipotesis F. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Promosi Media Sosial secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Asosiasi Merek secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Beli, dan Promosi Media Sosial dan Asosiasi Merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli merchandise idol sakamichi series.

References

Aaker, David. (2014). Aaker On Branding. 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ardian Oto,Billy & Wijaya Ade, Christian (2017). Analisa Pengaruh Asosiasi Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Jw Marriott Surabaya Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Perantara.

“All About J-Pop ins: A Brief History Of Japanese Pop Music” Masterclass July 2, 2023

Amrudin Et Al., (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka

Amin Fadilah, Nur., Garancang, Sabaruddin., Abunawas, Kamaluddin. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 14(1). 15-31

Assegaff, S., (2017).Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), pp.271-293.

“Apa Saja Yang Termasuk Jenis-Jensi Genre Musik Pop” Superlive 22 februari 2022.

Barus Silvina, Clara & Silalahi, Donalson (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jmb). 21 (1). 1-15

Bunyamin, S. (2021). Manajemen Pemasaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Santoso Ratna, Cynthia & Cahyadi Ella, Tabita. (2014). Analyzing the Impact of Brand Equity towards Purchase Intention in Automotive Industry: A Case Study of ABC in Surabaya. iBuss Management. 2(2), 29-39.

Databoks (2022). Survei: Dangdut, Jenis Musik Paling Disukai Masyarakat Indonesia.

Dewantara Bayu & Toto Raharjo, Susilo. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Media Sosial Youtube Dan Asosiasi Merek Terhadap Minatbeli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasipada Produk Laptop Asus (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management. 11 (5). 1-10

“Discord: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya” Fortuneidn 28 Oktober 2022

Garaika, & Feriyan Winda (2018) Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. 3 (1). 21-27

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. New York. McGrawHill

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th Edition).

Ikhsani, Khilyatin & Hudaya, Agung (2020). Model Niat Pembelian Kembali: Analisis Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek (Studi Kasus Produk Private Label Pada Toko Alfamidi Di Kota Tangerang). Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewiarusahaan. 01 (1). 1-14

Karno Marsianus, Yosef & Pattimura Abubakar, Nastain. (2022). Sikap Yang Berhubungan Dengan Upayanpencegahan Penularan Tb Paru Kontak Serumah Di Wilayah Kerja Puskesmas Pabentengan Kabupaten Gowa. Paspua Healt Journal. 4(2). 131-141.

Kotler, Philip., & Kevin Lane, Keller. (2012). Marketing Management, 14. New Jersey : Prentice Hall Internasional Inc.

Kotler, Philip., & Kevin Lane, Keller (2016). Marketing Management, 15 Global Edition. Edinburg gate : Pearson Education Limited.

Kotler, Philip., Kartajaya, Hermawan., Setiawan, Iwan. (2017). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip., & Armstrong, Gary. (2018). Principles Of Marketing. Harlow : Pearson Education

Kotler, Philip., Bowen, Jhon. Thomas., Seyhmus, Baloglu. (2021). Marketing for Hospitality and Tourism. 8 the edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Latipah, Riska., Fitriani Karmela, Lili., Masruroh, Rina., (2017). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Gayahidup Terhadap Minat Beli Sandal Dan Sepatu Bata cabang Kuningan. Jurnal Bisnis dan Informatika. 13 (3). 159-166.

Luthfi Prabowo, Dhimas., Salim, Mufid., Hariyanti, Nunik., Marta Farady, Rustono., (2022). Pengaruh Terpaan Tayangan Video YouTube Otodriver.com terhadap Asosiasi Merek Mobil pada Pengikut Akun Effect of Otodriver.com YouTube Video View Exposure on Car Brand Association on Account Followers. Jurnal Ilmu Komunikasi. 05 (1). 95-110.

Luh Mega Widiani, Ni., Luh Putu Indiani, Ni., Wahyuni Made, Ni,. 2019) Pengaruh

Citra Merek Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Kembali Di Zalora. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. 4 (2). 127-136.

Mulyana, Ahmad., Briandana, Rizki., Ningrum Puspa Anggaraini, Dwi,. (2019). Social Construction Fandom as Cultural stra Marketing of JKT 48 Fan Group. International Research Journal of Business Studies. 12 (3) 257-266.

Nasrullah, Riski. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Novita, Ekasari (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosia Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada Pt. Bfi Finance Jambi. Volume 16. 81-102.

Panjaitan, Roymon (2018). Manajemen Pemasaran, Sukarno Pressindo.

Prayugo Widian, Dede., (2018) Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi. 6 (1). 143-157.

Priansa, Donni. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta

“Perjalanan Genre Musik di Indonesia dari Masa ke Masa”. Eventori 21 juni 2022

Purba, Bonaraja. et al., (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan kita menulis.

Puspitarini Sekar, Dinda & Nuraeni, Reni (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common. 3 (1). 71-80.

Purbohastuti Wahyuni, Arum & Hidayah Ayuning, Asmi, (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan. 4 (1).37-46.

Purwati, Annung., & Cahyanti Mirasaputri, Mega., (2022). Pengaruh Brand Ambassadordan Brand Imageterhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. 11 (1) 32-46.

Ramadhan Aviani, Arrow., & Santoso, Budi. (2014). Alasan Remaja Menyukai J-Popstudi Kasus Remaja Indonesia Berdasar Survei Online. Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Dian Nuswantoro. 110-121.

Ridha, Nimaktur (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah. 14 (1).

Sadat, Andi M., (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta : Salemba Empat.

Sakrie, Denny, (2015). 100 tahun musik Indonesia. Jakarta Selatan : GagasMedia.

Sasmita Indah, Christina., & Kurniawan Bagus, Ida. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media (Digital Marketing) Terhadap Minat Beli CHATIME Wilayang Bandung – Bali. Jurnal Manajemen Pemasaran Digital. 2(1). 317-318

Setiawati, Lina & Wibisono, Nono. (2020). Elements of Social Media Marketing: A Holistic Framework in Online Culinary. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan. 16 (1). 261- 269.

Shariq, Mohammad. (2019) Brand Equity Dimension-A Liteature Review. International Research Journal Of Management and Commerce. 5(3). 312-330

Solis, B. (2010). ENGAGE! The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugimoto, Yoshio. (2009). The Cambridge Companion To Modern Japanese Culture. Port Melbourne : National Library of Australia

“The Magic of Japan’s Pop Culture: Exploring Its Global Fascination”. Brilliantio 7 april 2023

Triana, Eva., & Aji Gusti, Gilang. (2022). Strategi Promosi DC Production Melalui Media Sosial Dalam Menaikkan Popularitas Denny Caknan Strategi Promosi Dc Production Melalui Media Sosial Dalam Menaikkan Popularitas Denny Caknan Eva Triana. Jurnal Commercium. 99-105.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Ed. 3. Andi Offset. Yogyakarta.

Undang Undang No 20 (2016) Tentang Merek.

Utami, C. W. (2018). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.

“What Is A Fanbase & How To Build One” muscigateway 15 Mei 2023

Widyaningrum Wahyu, Premi (2018). Pengaruh Label Halal, Asosiasi Merek, Iklan, Dan Celebrity Endroser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Malang). Jurnal Universitas Pgri Madiun. 111- 124.

Zagoto, Yusmelinda., Yuliyati Tri, Mutia., Pambudi, Rizky., Cikdan, Muhammad., Mukadi. 2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat. 2 (1). 37-4.

Published
2024-02-07