Pengaruh Influencer Marketing dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian

  • Farhan Ahmad Hanief Manajemen
  • Dede R Oktini
Keywords: Influencer Marketing, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. With the growth in the use of social media among the public and accompanied by existing technological developments, digital marketing innovations carried out by each brand, one of which is Asbhoel, can increase. This research aims to determine the influence of influencer marketing and social media marketing on purchasing decisions (study on Instagram clothing Asbhoel Bandung). This research is included in the type of descriptive and verification research with quantitative methods. The sampling technique used is nonprobability sampling, namely purposive sampling. The population in this study were consumers who had purchased Asbhoel products and were followers of Asbhoel Instagram social media. Then a sample of 100 people was obtained. The data analysis used is descriptive and verification analysis, namely by using multiple linear regression analysis, F test and T test. The results of this research show that influencer marketing partially has a positive and significant effect on purchasing decisions and social media marketing partially has a positive and significant effect on purchasing decisions. Then simultaneously influencer marketing and social media marketing have a positive and significant influence on purchasing decisions for Asbhoel clothing

Abstrak. Dengan adanya pertumbuhan pengunaan media sosial dikalangan masyarakat dan disertai dengan perkembangan teknologi yang ada, maka dapat meningkatkan inovasi pemasaran digital yang dilakukan oleh setiap brand, salah satunya Asbhoel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dan social media marketing terhadap keputusan pembelian (studi pada instagram clothing Asbhoel Bandung). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Asbhoel dan merupakan pengikut media sosial instagram Asbhoel yang kemudian didapatkan sampel sebesar 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan verifikatif yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan social media marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Lalu secara simultan influencer marketing dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada clothing Asbhoel.

References

YOUNG ON TOP. (2023, April 18). Simak! Pengertian Fashion Menurut Para Ahli. https://Www.Youngontop.Com/Simak-Pengertian-Fashion-Menurut-Para-Ahli/.

Saputra, A. S. L. dan T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. http://www.jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/view/69/41

Geo Vanny Maruli Tua, Andri, & Ira Meike Andariyani. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN POMPA AIR SUBMERSIBLE DAB DECKER DI CV. CITRA NAULI ELECTRICSINDO PEKANBARU. JURNAL JUKIM, 1(4), 1–15.

Kotler Philip, & Keller Kevin Lane. (2015). Marketing Management (15th ed., Vol. 15). Pearson Education.

Giska Rizki Utami, & Marheni Eka Saputri. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DAN LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAM TOKOPEDIA . Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 1–14.

Published
2024-02-07