Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang Dimoderasi oleh Brand Image

  • Ahlil Kahfi Manajemen
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Universitas Islam Bandung
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Universitas Islam Bandung
Keywords: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Brand image

Abstract

Abstract. This study aims to find out how the application of product quality to purchasing decisions using brand image moderation techniques on Samsung Smartphone consumers. This research is included in the descriptive and verification research using a quantitative approach, the sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. The population used is consumers who have purchased Samsung Smartphones who are domiciled in the city of Bandung. The sample used in this study amounted to 165 respondents. The data analysis used is descriptive and statistical analysis using simple regression analysis and MRA (Moderated Regression Analysis). The results of this study indicate that there is a positive and significant influence between product quality and purchase decisions on Samsung Smartphones. Furthermore, brand image strengthens the relationship between product quality and purchase decisions on Samsung Smartphones. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan teknik moderasi brand image pada konsumen Smartphone Samsung, Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan verifikatif menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Populasi yang digunakan merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian Smartphone Samsung yang berdomisili di Kota Bandung. Sample yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 165 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistic dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan MRA (Moderated Regression Analysis), Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Smartphone Samsung, selanjutnya, brand image memperkuat hubungan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Smartphone Samsung.

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2022). Marketing: An Introduction, 15/e, Global Edition (Fifteenth). Pearson.

Fauzi, F., Dencik, A. B., & Asiati, D. isnaini. (2019). Metodologi Penelitian untuk Manajemen dan Akuntansi aplikasi SPSS dan Eviews untuk Teknik Analisis Data (E. sri Suharsi (ed.); 1st ed.). Salemba Empat.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. Annabel Ainscow List. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Global Edi, Vol. 22). Pearson Education.

Martini, A. N., Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142.

Maryati, & Khoiri. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542 – 550

Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103

Rahadi, D. R., & Farid, M. M. (2021). Analisis variabel moderating (PACM Muslih. In P. A. C. M. Muslih (Ed.), CV. Lentera Ilmu Mandiri (frist, Issue September). CV. Lentera Ilmu Mandiri.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). Kbm Indonesia Anggota Ikapi.

Published
2024-02-07