Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Industri Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2020-2022

  • Nuruldina Afiyahsari Azrani manajemen
  • Lasmanah
  • Rizka Estisia Pratiwi
Keywords: manajemen modal kerja, perputaran piutang, profitabilitas

Abstract

Abstract. This research aims to determine whether there is an influence of working capital management and receivables turnover simultaneously or partially on profitability in property and real estate industrial companies listed on the Indonesian Sharia Stock Index (ISSI) for the period 2020 - 2022. The factors tested in this research are working capital management and receivables turnover as independent variables, while profitability is the dependent variable. The research method used in this research is the verification method. The population in this research is property and real estate industry companies listed on the Indonesian Sharia Stock Index (ISSI) for the 2020-2022 period, totaling 58 companies. The sampling technique used in this research is non-probability sampling with a purposive sampling method, so the total sample is 50 companies. The data analysis used is panel data regression analysis using Eviews 10 Software. Simultaneous and partially research results show that working capital management and accounts receivable turnover have an effect on profitability. Apart from that, the influence of working capital management and receivables turnover on profitability is 44.4%.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh manajemen modal kerja dan perputaran pouting secara simultan maupun parsial terhadap profitabilitas pada perusahaan industri properti dan real estate yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020 – 2022. Faktor - faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah manajemen modal kerja dan perputaran pouting sebagai variabel independen, sedangkan profitabilitas sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri properti dan real estate yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2022 yang berjumlah 58 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 50 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan Software Eviews 10. Hasil penelitian secara simultan dan parsial menunjukan bahwa manajemen modal kerja dan perputaran pouting berpengaruh terhadap profitabilitas. Selain itu besarnya pengaruh manajemen modal kerja dan perputaran piutang terhadap profitabilitas sebesar 44,4%.

References

Mahendra, Alfredo. Artini. Luh Gede Sri dan Suarjaya. A.A Gede. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen. Strategi Bisnis. Dan Kewirausahaan. Vol 6. No 2.

Mardiyana dan Mayang Murni. (2018). Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 4 (1) Bulan (Mei) 2018. e-ISSN: 2503- 0337. Program Studi Akuntansi, Politeknik LP3I Medan.

Leatemia, Audy Yohanes dan Annas Lalo. (2023). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 5, September (2023), Hal. 391-417. e-ISSN: 2985-654X. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya (STIEM) Bongaya Makassar.

Rio, Sadewa. (2017). Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Wholesale. AndRitel Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 – 2015.

Published
2024-02-07