Pengaruh Celebrity Endorsement dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian

  • Rizki Miftahul Janah Manajemen
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Celebrity Endorse, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. Rapid business competition requires small and large companies to be able to act quickly and precisely in facing business competition. Finest Football Wear is a local brand from the Purwakarta area. Finest Football Wear always tries to sell quality products that have more value compared to competitors' products, for example the football supporter T-shirt is a type of T-shirt that has cool material and also absorbs sweat, and there is also a football supporter jacket that has The material is soft, cool and doesn't fluff easily. Basically, celebrity endorsers and good product quality are able to encourage consumers to make purchasing decisions. This research aims to find out how celebrity endorsements and product quality influence purchasing decisions at the Finest Football Wear Store. The research method used in this research is quantitative, while the type of research is descriptive and verification research. The sample in this study was 100 respondents who were consumers of the Finest Football Wear Shop. Data collection techniques include distributing questionnaires and literature studies. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. The results of this research are that overall the celebrity endorsements used by the Finest Football Wear Store are categorized as quite good, the product quality from the Finest Football Wear Store is categorized as good, purchasing decisions from the Finest Football Wear Store are categorized as good. Partial and simultaneous test results show that celebrity endorsement and product quality have a significant influence on purchasing decisions at the Finest Football Wear Store.

Abstrak. Persaingan bisnis yang begitu pesat menuntut perusahaan kecil maupun perusahaan besar untuk mampu bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan bisnis. Finest Football Wear merupakan brand lokal dari daerah Purwakarta. Finest Football Wear senantiasa selalu berusaha menjual produk yang berkualitas dengan mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan produk pesaing, misalnya dengan T-shirt supporter bolanya adalah jenis T-shirt yang mempunyai bahan yang dingin dan juga menyerap keringat, dan juga ada jaket supporter bola yang mempunyai bahan yang lembut, dingin dan juga tidak mudah berbulu. Pada dasarnya celebrity endorser dan kualitas produk yang baik mampu mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorse dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Toko Finest Football Wear. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen Toko Finest Football Wear. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan celebrity endorse yang digunakan Toko Finest Football Wear dikategorikan cukup baik, kualitas produk dari Toko Finest Football Wear dikategorikan baik, keputusan pembelian dari Toko Finest Football Wear dikategorikan baik. Hasil pengujian secara parsial dan simultan menunjukan bahwa celebrity endorse dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Finest Football Wear.

References

Abbas, Aamir, Gul Afshan, Iqra Aslam, and Laila Ewaz. 2018. “The Effect of Celebrity Endorsement on Customer Purchase Intention: A Comparative Study.” Current Economics and Management Research 4(1): 1–10. https://www.researchgate.net/publication/322987493.

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatifm Dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Metode Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Semarang: Universitas Diponegoro.

Belch, George, E., & Michael, A.B. 2003. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communica_tion Perspective. Internasio. New York: McGraw Hill.

Buchari, Alma. 2003. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Darmansyah, Muhartini Salim, and Syamsul Bachri. 2014. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Indonesia (Penelitian Online).” Jurnal Aplikasi Manajemen 12(2): 230–38. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16168.

Diputra, I, NN Yasa - American International Journal of Business, and undefined 2021. 2021. “The Influence Of Product Quality, Brand Image, Brand Trust On Customer Satisfaction And Loyalty.” aijbm.com 4(01). https://www.aijbm.com/wp-content/uploads/2021/01/E412534.pdf (November 16, 2021).

Ghozali, Iman. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gonzales, Mariele, and Riza Cabelleza. 2016. “Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Decision: A Case of Karachi.” www.onlinejournal.in Imperial Journal of Interdisciplinary Research 2(1): 2454–1362. www.onlinejournal.in.

Herawati, H, … SDW Prajanti - Journal of Economic, and Undefined 2019. 2019. “Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality and Price through Purchase Motivation.” journal.unnes.ac.id 8(1): 1–11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/29636 (November 16, 2021).

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Edisi 11. Jakarta: Jakarta: PT Raha Grafindo Persada.

Indrawati. 2015. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis Konvergensi, Teknologi Komunikasi Dan Informasi (Cetakan 1). Bandung: Bandung: PT Refika Aditama.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Pertama). Jogjakarta: Andi.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2008. Prinsip Prinsip Pemasaran. 12th ed. Jakarta: Erlangga.

———. 2010. Prinsip Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Keller. 2016. Marketing Manajemen. 15th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Erlangga.

Lesmana, R, SD Ayu - Jurnal Pemasaran Kompetitif, and undefined 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation.” openjournal.unpam.ac.id. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/viewFile/2830/2189 (September 29, 2021).

Pemasaran, IA Ong - Jurnal Strategi, and undefined 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincao Station Grand City, Surabaya.” publication.petra.ac.id. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/668 (September 29, 2021).

Rangkuti, Freddy. 2010. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Research, R Ohanian - Journal of advertising, and undefined 1991. “The Impact of Celebrity Spokespersons’ Perceived Image on Consumers’ Intention to Purchase.” psycnet.apa.org. https://psycnet.apa.org/record/1991-26094-001 (September 29, 2021).

Santoso. 2004. Buku Latihan SPSS: Statistik Parametrik. Jakarta: Jakarta: ELex. Media Komputindo.

Setianingrum, A. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jogjakarta: Andi.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Siregar, Shofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta, CV.

Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Supriyadi, Supriyadi, Wahyu Wiyani, and Ginanjar Indra Kusuma Nugraha. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 4(1): 74–85.

Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi.

Wahyuni, S, M Ginting - Arthatama, and undefined 2017. 2017. “The Impact of Product Quality, Price and Distribution on Purchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta.” arthatamajournal.co.id 1(1): 18–26. https://arthatamajournal.co.id/index.php/home/article/view/7 (November 16, 2021).

Published
2024-02-07