Pengaruh Video Content Marketing terhadap Minat Beli Konsumen yang Dimoderasi oleh Harga

  • Anita Rahayu Manajemen
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Nindya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Content Marketing, Minat Beli, Harga

Abstract

Abstract. This research focuses on the variables of content marketing, purchase intention, and price. This study aims to determine the relationship between content marketing and purchase intention and the role of price as a moderating variable for Scarlett Whitening Shopee Consumer Products at Unisba. The method used in this study is a survei method with a questionnaire instrument as a data collection technique. The object of this research is the consumers of Shopee Scarlett Whitening product among university students at Unisba using a total sample 125 people. Sampling was carried out using a non-probability sampling method with purposive sampling. There are two hypothesis in this study. To the hypothesis, the techniques used are simple regression analysis and MRA (Moderated Regression Analysis). The result of thus study indicate that there is a positive and significant effect of content marketing on purchase intention in Shopee consumers of Scarlett Whitening products at Unisba. In addition, price strengthens the relationship between content marketing and purchase intention in Shopee consumers of Scarlett Whitening products at Unisba.

Abstrak. Penelitian ini berfokus pada variabel content marketing, minat beli, dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara content marketing dan minat beli serta peran harga sebagai moderasi pada konsumen Shopee produk Scarlett Whitening di Unisba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Objek penelitian ini adalah konsumen Shopee produk Scarlett Whitening pada mahasiswa/i di Unisba dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling jenis purposive sampling. Terdapat dua hipotesis pada penelitian ini. Untuk menguji hipotesis, teknik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara content marketing terhadap minat beli pada konsumen Shopee produk Scarlett Whitening di Unisba. Selanjutnya, harga memperkuat hubungan antara content marketing terhadap minat beli pada konsumen Shopee produk Scarlett Whitening di Unisba.

References

https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/ (2022)

Nigar Pandrianto, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, Vol. 10, No. 2 Hal 167 – 176.

Puspa Puspitasari, Ratih Tresnati, dan Dede R Oktini. 2016. Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Konsumen Trirteenth Shoes Bandung) 116-121

Mufarida, S. (2021). Pengaruh Content Marketing, Social Media, dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli di Pati Oblong.

Mahendra, F. Z. (2020). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi (Studi Pada Akun Instagram @Authenticsid).

Kotler, P. a. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Angga Aptaguna, E. P. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Journal of Pembangunan Jaya University, Vol, 3

Amri, M. S. (2021). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Content Marketing Dan Brand Image Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Compass (Studi Kasus Konsumen Sepatu Compass Di Kota Surakarta).

Published
2024-02-07