Implementasi Metode Rework dalam Penerapan Pengembangan Usaha Thrifting Goodsnews.Id di Kota Bandung

  • Ichsan Fahriansyah manajemen
  • Moch Malik Akbar Rohandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Indriya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Kewirausahaan, Industri Kreatif, UMKM

Abstract

Abstract. MSMEs have significant dominance in the economy in the city of Bandung, with new businesses continuing to emerge every year, especially in the fashion sector. There is one business in the city of Bandung, namely Goodsnews.id. Goodsnews.id is a business in the fashion industry that was founded in 2021. At the beginning of its establishment Goodsnews.id focused on selling thrift clothing, and in the following year Goodsnews.id began to innovate with the rework crop jacket method. Goodsnews.id realizes how crucial it is to improve business management and implement effective business strategies to achieve sustainability and long-term growth. In creating the final Goodsnews.id business management report, the company conveys the results of its business projects through SWOT Matrix, Five Forces, Balanced Score Card, Target and Performance, and BCG Matrix analysis. The purpose of this research is to determine the management and development of the Goodsnews.id business. As a result of this final report, Goodsnews.id needs to focus on growing and maintaining market share through intensive strategies and innovation towards clothing lines, then continuous innovation in products and brands, business performance evaluation, financial reporting and, strategic partnerships to expand the market and provide added value to consumers.
Abstrak. UMKM memiliki dominasi signifikan dalam ekonomi di kota Bandung, dengan bisnis baru yang terus bermunculan setiap tahun, terutama di sektor fesyen. Terdapat salah satu usaha di kota Bandung yaitu Goodsnews.id. Goodsnews.id adalah sebuah usaha di industri fesyen yang didirikan pada tahun 2021. pada awal pendiriannya Goodsnews.id berfokus pada penjualan pakaian thrift, dan pada tahun berkutnya Goodsnews.id mulai berinovasi dengan metode rework crop jacket. Goodsnews.id menyadari betapa krusialnya meningkatkan manajemen bisnis dan menerapkan strategi bisnis yang efektif guna mencapai keberlanjutan serta pertumbuhan jangka panjang. Dalam membuat laporan akhir pengelolaan bisnis Goodsnews.id, perusahaan menyampaikan hasil dari proyek bisnisnya melalui analisis SWOT Matrix, Five Forces, Balanced Score Card, Target and Performance, dan BCG Matrix. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dan pengembangan usaha Goodsnews.id. Hasil dari laporan akhir ini, Goodsnews.id perlu fokus pada pertumbuhan dan pemeliharaan pangsa pasar melalui strategi intensif dan inovasi ke arah clothing line, lalu inovasi berkelanjutan dalam produk dan merek, evaluasi kinerja bisnis, pelaporan keuangan dan, kemitraan strategis untuk memperluas pasar dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.

References

Apriliani, D. (2019). PARADIPLOMASI PROVINSI JAWA BARAT DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI PASAR INTERNASIONAL. Vol. 4 No., 14.

Cahyani, A. D. (2021). Analisis Swot Dalam Proses Pengembangan Objek Wisata Pantai. Jurnal Pendidikan Geografi, 7, 58–78.

David, F. R. (2006). Strategic management : concepts and cases (I. S. Budi & S. Rahoyo (Eds.); 10th ed.). Jakarta : Salemba Empat, 2006.

Fred, R. D., & Forest, R. D. (2017). Manajemen Strategik Edisi 15 :Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Jakarta : : Salemba Empat,., 2017.

Hidayati, A. (2022). Analisis Perencanaan Strategi Pada Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), 399–409.

Maristia, K. (2020). Analisis Matriks Bcg (Boston Consulting Group) Dalam Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar Pada Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Pt. Samsung Elektronik Indonesia Tahun 2019). Jurnal

MSME Economic Indicators. (2023). https://www.smefinanceforum.org/data- sites/msme-country-indicators

Savira, V. N. S., & Yulianti, I. (2022). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA THRIFT SHOP. JURNAL KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI, VOLUME 1 N, 111.

Tambunan, T. (2021). UMKM DI INDONESIA Perkembangan, Kendala, dan Tantangan (edisi pert). prenada

Setiadi, A. D., Yunita, A., & 2, M. (2023). Faktor Penentu Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Belitung dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang. 1(1), 9–16. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Yesipah, & Susilo Setiyawan. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Lokus Kendali dan Kebiasaan Belanja terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 53–60. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i1.2063

Zahra Aprilia Suparman, Suparman, & Aditia Wirayudha. (2023). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja dengan Work Life Balance sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 122–130. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2907

Published
2024-02-06