Pengaruh Layanan Purna Jual dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen

  • Syafik Fauzi Indra Nurjaman Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Dede R. Oktini Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Nindya Saraswati Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Layanan Purna Jual, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract. This study aims to determine the After Sales Service and Location for Consumers of Merdeka Motor, Sanding Branch, Garut Regency and to find out the respondents' responses regarding After Sales Service and Location and to find out how the influence between After Sales Service and Location on Consumer Satisfaction of Merdeka Motor, Sanding Branch, Garut Regency. This type of research uses descriptive and verification methods using a quantitative approach by operating calculations using the IBM SPSS V25 program, and the sampling technique uses nonprobability sampling, precisely using purposive sampling. The population in this study were consumers of Merdeka Motor Branch Sanding Garut Regency. The sample taken is 100 respondents. The data analysis method used is multiple linear analysis with the aim of knowing the direction of the relationship between the independent variable After Sales Service (X1) and the independent variable Location (X2) with the dependent variable Customer Satisfaction (Y). The results of the tests carried out in this study state that the After Sales Service and Location variables partially have a significant effect on Consumer Satisfaction. Simultaneously, the After Sales Service and Location variables have a significant effect on Consumer Satisfaction at Merdeka Motor Branch Sanding Garut Regency.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Purna Jual dan Lokasi pada Konsumen Merdeka Motor Cabang Sanding Kabupaten Garut dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Layanan Purna Jual dan Lokasi serta mencari bagaimana pengaruh antara Layanan Purna Jual dan Lokasi terhadap Kwpuasan Konsumen Merdeka Motor Cabang Sanding Kabupaten Garut. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengoperasikan perhitungan menggunakan program IBM SPSS V25 dan teknik penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling tepatnya menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Merdeka Motor Cabang Sanding Kabupaten Garut. Sampel yang diambil sejumlah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen Layanan Purna Jual (X1) dan variabel independen Lokasi (X2) dengan variabel dependen Kepuasan Konsumen (Y). Hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel Layanan Purna Jual dan Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Serta secara simultan variabel Layanan Purna Jual dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Merdeka Motor Cabang Sanding Kabupaten Garut.

References

AISI. 2023. Statistic Distribution. https://www.aisi.or.id/statistic/.

Anaseputri, Irwan Fachruddin, and Yulita. 2023. "Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Sepeda Motor Honda pada Bengkel Ahass PT. Mega Wahana Pesona Sengeti Muaro Jambi)." Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23 (1).

Alvin Cakra Pratista. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Jabar Banten Syariah Cabang Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.33

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Ima Hilmawati, & Septiana Estri M. (2022). Pengaruh E-service Quality dan Sales Promotion terhadap Customer Loyalty pada Transportasi Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 5–10. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.855

Nandita, F., & Rosdiana, Y. (2023). Pengaruh Pengendalian Internal dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. 1(1), 1–8. https://doi.org/10.29313/iconomics.vxix.xxx

Published
2024-02-06