Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan

  • Hana Alyah Khansa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Sri Suwarsi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Firman Shakti Firdaus Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Abstract. Human resources in the hotel industry are very important to improve employee performance, especially service performance, because hotels are a service industry that is very dependent on HR aspects. Performance improvement can be influenced by competence and work motivation. The purpose of this study was to determine (i) Competence at Horison Hotel Tasikmalaya City (ii) work motivation (iii) employee performance, (iv) The Effect of Competence on Employee Performance (v) The Effect of Work Motivation on Employee Performance (vi) The Effect of Competence and Work Motivation on Employee Performance at the Horison Hotel, Tasikmalaya City. The method used in this study is the quantitative method by operating the calculations of the IBM SPSS Statistics 25 program and the data analysis techniques used are descriptive and verification analysis. The variables in this study are competence and work motivation on employee performance. Data collection techniques in this study used a questionnaire (questionnaire) and interviews. The population in this study were 46 employees at the Horison Hotel, Tasikmalaya City. Sampling using saturated sampling techniques, because the total population is less than 100, the researchers used the entire population as the research sample. The conclusions in this study (i) competence at the Horison Hotel in Tasikmalaya City is included in the high category, this is measured from the dimensions of knowledge, skills/skills, and attitudes. (ii) Work motivation is included in the very high category, this is measured from the dimensions of physiological needs, a sense of security, social relations, appreciation, and self-actualization. (iii) Employee performance is included in the very high category, this is measured from the dimensions of quantity, quality and teamwork. (iv) Competence and work motivation have a significant positive effect on employee performance by 65.8%. Each variable has the lowest percentage dimension, there fore it is necessary to increase the company's performance to improve.

Abstrak. Sumber daya manusia di industri perhotelan sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan, terutama kinerja pelayanan, karena hotel merupakan industri jasa yang sangat tergantung pada aspek SDM. Peningkatan kinerja dapat dipengaruhi oleh kompetensi dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) Kompetensi pada Hotel Horison Kota Tasikmalaya (ii) motivasi kerja (iii) kinerja karyawan, (iv)Pengaruh Kompetensi terhadap Kierja Karyawan (v) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinera Karyawan (vi) Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Horison Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitaif dengan mengoprasikan perhitungan program IBM SPSS Statistics 25 dan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Variabel dalam penelitian ini Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Hotel Horison Kota Tasikmalaya yang berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sampling jenuh, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka peneliti menggunakan seluruh populasi menjadi sampel peneliti. Kesimpulan dalam penelitian ini (i) kompetensi pada Hotel Horison di Kota Tasikmalaya termasuk dalam kategori tinggi, hal ini diukur dari dimensi pengetahuan (knowledge), keahlian/keterampilan (skill), dan sikap (attitude). (ii)Motivasi Kerja termasuk dalam kategori sangat tinggi, hal ini duiukur dari dimensi kebutuhan fisiologi, rasa aman, hubungan social, penghargaan, dan aktualisasi diri. (iii) Kinerja Karyawan termasuk dalam kategori sangat tinggi, hal ini diukur dari dimensi kuantitas, kualitas, dan kerjasama tim. (iv) Kompetensi dan Motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan sebesar 65,8%. Pada setiap variabel memiliki dimensi presentase terendah maka dari itu perlu adanya peningkatan dari perusahaan untuk meningkatkan kinerja.

References

Hasibuan, & M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara..

Wardani S.I, & Peristiowati. (2020). The Effect of Motivation, Competence and Work Enivironment on Employee Performance in Brawijaya Hospital Lawang Malang. Journal for Research in Public Health, 2.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). Prenadamedia Group.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ajija, S. R. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Gujarati, D. N. (2006). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Published
2024-02-06