Pengaruh Kualitas Website dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Berkunjung

  • Muhamad Wahid Ramadhani Manajemen
  • Dede R. Oktini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Kualitas Website, Electronic Word of Mouth, Minat Berkunjung

Abstract

Abstract. With the transition from the pandemic period to the new normal, there has been an increase in the level of tourist destinations among the public and accompanied by existing technological developments, this can increase digital marketing innovation carried out by each tourist destination, namely Kampung Batu Malakasari. This has led to the growth of innovation in the field of digital marketing, one of which is determining the application of website quality and electronic word of mouth to visiting interest. This research aims to determine the influence of website quality and electronic word of mouth on interest in visiting Kampung Batu Malakasari. This research is included in the type of descriptive and verification research with quantitative methods. The sampling technique used was nonprobability sampling, namely purposive sampling. The population in this study are consumers who are interested in visiting Kampung Batu Malakasari aged 18-45 years who live in Bandung Regency and Bandung City. So a sample of 99 people was obtained. The data analysis used is descriptive and statistical analysis, namely by using multiple linear regression analysis, F test and T test. The research results show that website quality partially has a significant effect on visiting interest, and electronic word of mouth has a significant effect on visiting interest. Then simultaneously the quality of the website and electronic word of mouth have a significant effect on visiting interest.

Abstrak. Dengan adanya perpindahan pandemic ke new normal terjadi pertumbuhan tingkat destinasi parawisata dikalangan masyarakat dan disertai dengan perkembangan teknologi yang ada, hal ini dapat meningkatkan inovasi pemasaran digital yang di lakukan oleh setiap destinasi wisata, yaitu Kampung Batu Malakasari. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan inovasi di bidang pemasaran digital, salah satunya untuk mengetahui penerapan kualitas website dan electronic word of mouth terhadap minat berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website dan electronic word of mouth terhadap minat berkunjung di Kampung Batu Malakasari. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berminat mengunjungi Kampung Batu Malakasari dengan usia 18-45 tahun yang berdomisili di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Kemudian didapatkan sampel sebesar 99 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas website secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Lalu secara simultan kualitas website, dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.

References

Purba, A. (2020). Pola Komunikasi Organisasi Kompas-USU Di Era Pandemi Covid-19.

Jumanto, I. (2017). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Sari Ringgung Kabupaten Pesawaran, Lampung. 6, 5–9.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Inc.

Sudarsono, H. (2020). Buku ajar: Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.

Hurriyati, & Ratih. (2018). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (13th ed.). Alfabeth.

Rahmaini, Nur, & Safira. (2018). Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan ImportancePerformance Analysis (IPA). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Yang, Y., Park, S., & Hu, X. (2018). Electronic word of mouth and hotel performance: A meta-analysis. Tourism Management, 67, 248–260.

Aviolitasona, G. B. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging, Boyolali.

Kurniasari, & Hernita, dkk. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran, Word of Mouth Destination Image dan Destination Branding Terhadap Minat Berkunjung di Wisata Pantai Ria Kenjeran. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Jurnal, 1(3), 1–16.

Diana, R., N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Digjaya Nata Nagara, & Hendrati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 55–61. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001

Divya Malika, & Aminuddin Irfani. (2022). Pengaruh Manajemen Talenta terhadap Kinerja Karyawan pada PT. X. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 43–46. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.933

Published
2024-02-06