Pengembangan Usaha Geez Coffee Melalui Repackaging dan Collaboration

  • Gisti Khoerunisa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Moch. Malik Akbar Rohandi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Septiana Ayu Estri Mahani Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: BMC, Kopi, Analisis SWOT

Abstract

Abstract. In businesses that are businesses in the culinary field, especially in beverages that are widespread in Indonesia, West Java, especially the city of Bandung, the Cibiru area. There is a coffee processing business, namely Geez Coffee, which is unique in the type of coffee it chooses. The problems that occur in the business carried out by Geez Coffee itself are production, marketing, finance, venture capital. In managing this business, researchers also use various strategies such as the Business Model Canvas, SWOT analysis, Porter's Five Forces, Ansoff Matrix, Target and Performance, and the BCG Matrix to carry out business development. The result of this research is that it is necessary to find more capital to cover a wider market and maximize activities in making new products through repackaging, making financial reports, registering legality such as halal products and making HKI as one of the things related to running business activities.

Abstrak. Pada usaha yang merupakan usaha di bidang kuliner terutama pada minuman yang tersebar luas di Indonesia, Jawa Barat, khususnya Kota Bandung daerah Cibiru. Terdapat usaha olahan kopi yaitu Geez Coffee yang memiliki keunikan pada jenis kopi yang dipilih. Permasalahan yang terjadi pada usaha yang dilakukan oleh Geez Coffee sendiri yaitu produksi, pemasaran, keuangan, modal usaha. Dalam mengelola usaha ini pula peneliti menggunakan berbagai strategi seperti Business Model Canvas, analisis SWOT, Five Forces Porter, Ansoff Matrix, Target and Performance, dan BCG Matrix untuk melakukan pengembangan usaha. Hasil dari penelitian ini adalah perlu mencari modal yang lebih untuk mencakup pasar lebih luas serta memaksimalkan kegiatan dalam pembuatan produk baru melalui repackaging, pembuatan laporan keuangan, pendaftaran legalitas seperti halal produk dan pembuatan HKI sebagai salah satu hal yang bersangkutan dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

References

Akarsu, T. N., Foroudi, P., & Melewar, T. C. (2020). Transforming the Complexity of Having Multiple Channels to an Asset: Reflective Critics on the Dual Marketing and Co-branding. In Beyond Multi-channel Marketing (pp. 121- 137). Emerald Publishing Limited.

Awalin, F. N., Arisman, A., & Lestari, S. P. (2022). Packaging And Promotion Effect On Purchase Decision (Survey of Maykroni consumers in Tasikmalaya City). Journal of Indonesian Management (JIM), 2(3), 853- 860.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Produksi Tanaman Kopi (Ton). Retrieved from Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat: https://jabar.bps.go.id/indicator/163/319/1/produksi-tanaman-kopi-.html

Barus, E. I. (2020). PELUANG BISNIS DAN STRATEGI KESUKSESAN BISNIS COFFEE SHOP BERBASIS TEKNOLOGI (STUDI KASUS: CREMA COFFEE SURABAYA). Nusantara Journal of Community Engagement, 1(2), 72-78.

BPS Kota Bandung. (2023, June). Jumlah Penduduk Hasil Proyeksi Interim Menurut Jenis Kelamin di Kota Bandung Jiwa 2021-2023. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Bandung https://bandungkota.bps.go.id/indicator/12/1620/1/jumlah-penduduk- hasilproyeksi-interim-menurut-jenis-kelamin-di-kota-bandung.htm

Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). (2021). (n.p.): Merdeka Kreasi Group:

Grant, R. M. (2016). Contemporary strategy analysis: Text and cases edition. John Wiley & Sons.

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan bisnis model kanvas dalam penentuan rencana manajemen usaha kedelai edamame goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42-51.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Industri Kreatif. Diakses pada 10 Agustus 2021, dari https://www.kemenparekraf.go.id/industri- kreatif

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2017.” Peluang Usaha IKM Kopi”: Jakarta.

Subhan, A., & Peratiwi, M. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode Analisis Matrik Bcg, Swot Dan Benchmarking Pada Perusahaan Rubby Hijab. Journal Industrial Servicess, 3(1c).

THE GOODS DEPT 2018-2019). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(2), 121-132.

Wang, S., Chan, A., & Fordian, D. (2022). PENGARUH CO-BRANDING TERHADAP CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY KAMPANYE

Published
2024-02-06