Pengaruh E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Thrift Shop Bekaslemariku
Abstract
Abstract. This research aims to find out how e-service quality affects purchasing decisions among thriftshop bekaslemariku consumers, as well as how much influence e-service quality has on purchasing decisions. This research is a type of descriptive and verification research using quantitative research methods. The sampling technique used in this research is non-probability sampling, the sampling technique used is purposive sampling. The data analysis used in this research is descriptive and verification analysis using simple regression analysis. The results of this research show that e-service quality has a partial and simultaneous influence on purchasing decisions.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran e-service quality terhadap keputusan pembelian pada konsumen thriftshop bekaslemariku, serta seberapa besar pengaruh e-service quality terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probality sampling, tekni penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan e-service quality berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.
References
Faulina, A., Dewi, R. S., & Arif, E. (2021). Fenomena Online Shopping Sebagai Gaya Hidup Dan Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Di Masa Pandemi Covid 19. TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, XII(1), 46–59. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tathwir/index
Hidayatullah, F., Putra, K. A. D., Rahman, R. A., & Mulawarman. (2021). Mediatisasi belanja online shop (shopee) melalui teknologi media. Kareba, 10(1), 34–45.
Kotler, P. dan A. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh Belas. Salemba Empat.
Nasir, M., & H. (2017). Pengaruh E-Service Quality dan Diskon Terhadap Minat Beli pada Situs Online di Website Zalora.co.id di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(1).
Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384
Pramudita, A. S., & Agustia, R. E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka.com. Competitive, 15(2), 106–114. https://doi.org/10.36618/competitive.v15i2.961
Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2017). Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel e-service quality dan e-security seals sebagai variabel x terhadap e-satisfaction sebagai variabel y melalui variabel z yakni keputusan pembelian . Tipe penelitian ini adalah e. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1, 164–173.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Tecoalu, M., Yonathan, K., & Tj, H. W. (2021). Minat Beli Memediasi Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Ukrida 2017). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 75–80. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2596
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks Kelompok Gramedia.