Pengaruh Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Ulang yang Dimoderasi oleh Kepuasan Konsumen

  • Arkan Rasyid Nur Falah Manajemen
  • Hendarti Dwi M Universitas Islam Bandung
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Universitas Islam Bandung
Keywords: Citra Merk, Keputusan pembelian Ulang, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract. In Indonesia at this time there is an increase in business competition. Business actors try to offer attractive products and services in terms of price, quality and service. Then the competition between companies today is no longer oriented towards how to increase sales volume but is more oriented towards how to satisfy customer needs. There are three variables used in this study, namely Brand Image, Repurchase Decision, and Consumer Satisfaction. The purpose of this study was to determine the effect of brand image on repeat purchase decisions moderated by consumer satisfaction for KFC consumers at the Buahbatu Bandung branch. The method used is the survey method and the data collection technique uses a questionnaire. The object of this research is KFC consumers at the Buahbatu Bandung branch, totaling 220 respondents. The sampling technique in this research uses nonprobability sampling with purposive sampling technique. there are two hypotheses in the research tested using a simple linear regression approach and MRA (Moderated Regression Analysis). The results showed that there was a positive and significant influence between brand image and repurchase decisions for KFC Buahbatu Bandung consumers. Furthermore, customer satisfaction strengthens the relationship between brand image and repurchase decisions for KFC Buahbatu Bandung consumers.

Abstrak. Di Indonesia pada saat ini sedang terjadi peningkatan persaingan usaha. Para pelaku usaha berusaha menawarkan produk dan jasa yang menarik baik dari segi harga, kualitas dan pelayanan. Kemudian persaingan antar perusahaan pada masa kini bukan lagi berorientasi pada cara meningkatkan volume penjualan tetapi lebih berorientasi bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan. Terdapat tiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Citra Merk, Keputusan Pembelian Ulang, dan Kepuasan Konsumen. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui Pengaruh Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Ulang yang dimoderasi oleh Kepuasan Konsumen pada konsumen KFC di cabang Buahbatu Bandung. Adapun metode yang digunakan ialah metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Objek penelitian ini ialah konsumen KFC di cabang Buahbatu Bandung berjumlah 220 responden. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. terdapat dua hipotesis dalam penelitian yang diuji menggunakan pendekatan regresi linier sederhana dan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merk terhadap keputusan pembelian ulang pada konsumen KFC Buahbatu Bandung. Selanjutnya, kepuasan konsumen memperkuat hubungan antara citra merk terhadap keputusan pembelian ulang pada konsumen KFC Buahbatu Bandung.

References

Cooper, D. R, & Pamela S. S. 2017. Metode Penelitian Bisnis. 11th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek : Planning Dan Strategy. Surabaya: Qiara Media.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. Annabel Ainscow List. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Kotler, P., and K. Keller. 2016. Marketing Management . 15th ed. England: Pearson.

Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Jurnal Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103.https://publisher.yccm.or.id/index.php/cisat/article/view/54/56

Rambe, D. N. S, & Zuhrinal M. N. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.” Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Magister 1(2):90–95.

Setyo, P. E. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ‘Best Autoworks.’” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1(6).

Tjiptono, F. 2020. Strategi Pemasaran Prinsip Dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Yunaida, E. 2017. “Pengaruh Brand Image(Citra Merk) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 6(2):798–807.

Annisa Miftahul Maghfiroh, Frendika, R., & Roosallyn, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.6450

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Ima Hilmawati, & Septiana Estri M. (2022). Pengaruh E-service Quality dan Sales Promotion terhadap Customer Loyalty pada Transportasi Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 5–10. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.855

Maudi Sari Mawardi, Susilo Setiyawan, & Rizka Estisia Pratiwi. (2023). Analisis Harga Wajar Saham dengan Dividend Discount Model pada Perusahaan Sektor Keuangan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 86–92. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2874

Published
2024-02-06