Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif terhadap Keputusan Pembelian

  • Wulan Rivanda Early Manajemen
  • Dede R. Oktini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Rezi Muhamad Taufik Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Brand Ambassador, Perilaku Konsumtif, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. The phenomenon of idolizing South Korean boy bands and girl groups, especially focusing on the influence of Brand Ambassadors and Army consumptive behavior on purchasing decisions on Tokopedia e-commerce. South Korea, with its global K-pop culture (hallyu or Korean wave), offers entertainment products that are in high demand, especially Korean pop music or K-pop. However, this phenomenon brings not only positive, but also negative impacts, especially in the form of excessive consumptive behavior. This study aims to understand the role of Brand Ambassadors and Army consumptive behavior on Tokopedia, as well as analyze the impact on Army purchasing decisions. The study covers the influence of BTS's celebrity endorsers on Army purchasing decisions, with factors such as willingness to collect, ease of internet access, free shipping, and discount vouchers. The research method used is a survey with quantitative data collection using an online questionnaire. This study used statistical analysis, especially regression, with SPSS program tool version 25. Validity and reliability tests are carried out to ensure the quality of research instruments. Classical assumptions such as normality, multicollinearity, and heteroscedasticity are tested to validate the data. The results of the analysis show that BTS's Brand Ambassadors have a significant influence on ARMY's purchase decisions.

Abstrak. Fenomena mengidolakan boyband dan girlband asal Korea Selatan, terutama fokus pada pengaruh Brand Ambassador dan perilaku konsumtif ARMY terhadap keputusan pembelian di e-commerce Tokopedia. Korea Selatan, dengan budaya K-pop yang mencapai tingkat global hallyu atau Korean wave, menawarkan produk hiburan yang sangat diminati, khususnya musik pop Korea atau K-pop. Namun, fenomena ini tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga negatif, terutama dalam bentuk perilaku konsumtif yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran Brand Ambassador dan perilaku konsumtif ARMY pada Tokopedia, serta menganalisis dampaknya terhadap keputusan pembelian ARMY. Studi ini mencakup pengaruh Brand Ambassador BTS terhadap keputusan pembelian ARMY, dengan faktor-faktor seperti keinginan mengoleksi, kemudahan akses internet, pengiriman gratis, dan voucher diskon. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner melalui gform . Penelitian ini menggunakan analisis statistik, khususnya regresi, dengan alat bantu program SPSS versi 25. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan kualitas instrumen penelitian. Asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas diuji untuk memvalidasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa Brand Ambassador BTS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ARMY.

References

Sarajwati. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Https://Egsa.Geo.Ugm.Ac.Id/2020/09/30/Fenomena-Korean-Wave-Di-Indonesia/.

Mutmainah. (2021). Pengaruh Korean Wave Terhadap Maraknya Produk Dan Tren Kosmetik Korea Selatan (K-Beauty) Di Indonesia.

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6712

Melinda. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sadrabadi, A. N., Saraji, M. K., & MonshiZadeh, M. (2018). Evaluating the Role of Brand Ambassadors in Social Media. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior Sadrabadi A, 2(3), 54–70.

Widyasari, S., Maskur, A., Setiawan, M. B., & Sugiarto, T. (2019). The Effect of Motive, Product Quality, Price Perception and Brand Image toward Buying Decision Process.

Safitri, R. A., Suyatno, A., & Rini, S. (2021). Pengaruh BTS Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia. Seminar Nasional & Call For Paper Hubisintek.

Untari, G. (2019). 12 Istilah yang Wajib Diketahui oleh Para Fans BTS, ARMY!.

Aditya, M. (2023). Indonesia Jadi Negara dengan Penggemar BTS Terbanyak.

Gamayanto, I. (2018). Inovasi & Pengembangan E-commerce-Crm Dalam Menghadapi Globasasi.

Margaretha, H., & Nuraryo, I. (2022). The Influence Of Tokopedia’s Celebrity Endorsers On Bts Photocard Purchase Decisions In The Army World Community.

Sucipto, E., & Fuad, T. M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ajija, S. R. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Muhammad Rifan Mutaqin, Mochamad Malik Akbar Rohandi, & Septiana Ayu Estri Mahani. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Transportasi Online Indrive di Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 69–78. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2824

Nurul Wahida, At., Prodi Manajemen, N., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Sebelum dan Sesudah Penerapan Branchless Banking. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.1701

Published
2024-02-06