Pengaruh Rekrutmen terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya

  • Aulia Maulana Yusup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Sri Suwarsi Fakultas FEB, Universitas Islam Bandung
Keywords: Rekrutmen, Kinerja karyawan

Abstract

Abstract. Human resource management is the process of managing people, through planning, recruitment, selection, training, development, providing compensation, career, safety and health as well as maintaining industrial relations until termination of employment in order to achieve company goals and increase welfare. This research aims to find out and analyze how recruitment is at the Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya Hotel, to find out and analyze how employees perform at the Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya Hotel, and to find out and analyze the influence of recruitment on employee performance at the Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya Hotel. Meanwhile, the method used in this research is a quantitative method, hypothesis testing uses simple linear regression analysis. Data analysis used SPSS version 25 software. This research was conducted at the Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya Hotel. The sample size for this research was all 60 hotel employees, and used a census method where all members of the population were sampled. The data analysis techniques used in this research are descriptive analysis techniques and verification analysis techniques. Based on the results of research conducted by researchers, it can be concluded that recruitment partially has a positive and significant effect on employee performance with an influence contribution of 58.5%, indicating that if recruitment is increased it will lead to an increase in employee performance.

Abstrak. Manajemen sumber daya manusia adalah proses penegelolaan manusia, melalui perencanaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan, pemberian kompensasi, karier, keselamatan dan kesehatan serta menjaga hubungan industrial sampai pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan perusahaan dan peningkatan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Rekrutmen pada Hotel Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya, Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Kinerja Karyawan pada Hotel Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya, dan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Rekrutmen terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis data menggunakan software SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan di Hotel Taman Mangkubumi Indah Tasikmalaya. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah seluruh karyawan hotel yang berjumlah 60 orang, dan menggunakan metode sensus dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis verifikatif. Berdasarkan hasil penilitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan Rekrutmen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan kontribusi pengaruh sebesar 58.5%, menunjukan bahwa apabila rekrutmen ditingkatkan maka akan menimbulkan peningkatan terhadap kinerja karyawan.

References

Sinambela, Lijan poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitri Amelia, Sri Suwarsi. 2020. Pengaruh Job Satisfaction dan Organizational Commitment Terhadap Kinerja Karyawan. Bandung.

Ardana, Komang, Ni Wayan Mujiati, dan Wayan Mudiartha, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Kadek, I., Dharma Putra, Y., Mendra, W., Istri, T., & Harwathy, S. (2022). Pengaruh Rekrutmen Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Eden Hotel Kuta Bali. Productivity, 3, 634

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Digjaya Nata Nagara, & Hendrati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 55–61. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001

Maudi Sari Mawardi, Susilo Setiyawan, & Rizka Estisia Pratiwi. (2023). Analisis Harga Wajar Saham dengan Dividend Discount Model pada Perusahaan Sektor Keuangan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 86–92. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2874

Nurhikmah, F., Ansari, D., 2, H., & Nurgraha, Y. D. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Service Quality, dan Electronic Trust terhadap Purchase Decision pada Pengguna Shopee di Kota Bandung. 1(1), 27–34. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Vol. Cetakan Kelima (Suryani & R. Damayanti, Eds.). Bumi Aksara.

Published
2024-02-06