Pengaruh Celebrity Endorsement, E-Service Quality dan E-Trust terhadap User Interest Aplikasi E-Wallet Dana

  • Muhammad Rafli Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Dedy Ansari Harahap Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Mochammad Malik Akbar Rohandi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Celebrity Endorsement, E-Service Quality, E-Trust

Abstract

Abstract. The achievement of the success of a company, one of which is the achievement of the target User Interest in an application because it will provide benefits to the company in the long term. This is also to be achieved by the Dana application which has experienced a decrease and increase in application usage by the community in several months, due to celebrity endorsements that are not well known, the service quality provided does not make users of the Dana application feel satisfied and the loss of e-trust of application users thus affecting the number of people who use the Dana application. This study aims to determine how the description of celebrity endorsement, e-service quality, e-trust and user interest in users of the Dana e-wallet application in Bandung City. This research is a type of descriptive and verification research with quantitative methods. The sampling technique used is nonprobability sampling, namely purposive sampling. The population in this study were consumers who had downloaded the Dana application as many as 396 respondents. The data analysis used is descriptive and verification analysis using classical assumption analysis, multiple linear regression, F test, t test, and coefficient of determination. The results of this study indicate that celebrity endorsement partially has a significant effect on user interest, e-service quality partially has a significant effect on user interest and e-trust has a significant effect on user interest. Then simultaneously celebrity endorsement, e-service quality and e-trust have a significant effect on user interest.

Abstrak. Tercapainya keberhasilan suatu perusahaan salah satunya adalah tercapainya target User Interest terhadap suatu aplikasi karena akan memberikan keuntungan kepada perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut juga ingin dicapai oleh aplikasi Dana yang pernah mengalami penurunan dan peningkatan pemakaian aplikasi yang dilakukan oleh masyarakat di beberapa bulan, akibat celebrity endorsement yang dirasa tidak terkenal, service quality yang diberikan tidak membuat para pemakai aplikasi Dana merasa puas dan hilangnya e-trust para pengguna aplikasi sehingga mempengaruhi jumlah orang-orang yang menggunakan aplikasi Dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran celebrity endorsement, e-service quality, e-trust dan user interest pada pengguna aplikasi e-wallet Dana di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang sudah mendownload aplikasi Dana sebanyak 396 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan verifikatif menggunakan analisis asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement secara parsial berpengaruh signifikan terhadap user interest, e-service quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap user interest dan e-trust berpengaruh signifikan terhadap user ineterest. Lalu secara simultan celebrity endorsement, e-service quality dan e-trust berpengaruh signifikan terhadap user interest.

References

Anggi Anggraini (2020). Pengaruh Promosi Dan Efisiensi Dalam Bertransaksi Terhadap User Interest Aplikasi OVO Di Kartasura.

Ardelia dkk (2022). Effect of E-Service Quality and E-Trust on E-Loyalty of E-Payment Through E-Satisfaction of Shopee pay Users. Vol. 2 No. 1 (2022): IJHESS-AUGUST.

Dewi, M. M. (2019), Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Brand Love Terhadap Minat Beli Pelajar Dan mahasiswa Di Jember Melalui Word Of Mouth Pada Aplikasi Belanja Shopee, Jurnal Unej, Vol.5 No.8

Purwanto, A (2021). The Role of Digital Leadership, Loyalty, E-service Quality and E-Trust of Indonesia E-Commerce Online Shop, International Journal o Socialand Management Studies 3(5),51-57.

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Ima Hilmawati, & Septiana Estri M. (2022). Pengaruh E-service Quality dan Sales Promotion terhadap Customer Loyalty pada Transportasi Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 5–10. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.855

Muhammad Rifan Mutaqin, Mochamad Malik Akbar Rohandi, & Septiana Ayu Estri Mahani. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Transportasi Online Indrive di Bandung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 69–78. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2824

Nurhikmah, F., Ansari, D., 2, H., & Nurgraha, Y. D. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Service Quality, dan Electronic Trust terhadap Purchase Decision pada Pengguna Shopee di Kota Bandung. 1(1), 27–34. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Published
2024-02-05