Pengaruh Shopping Lifetsyle dan Price Discount terhadap Impulse Buying pada E-commerce Lazada di Bandung

  • Pratiwi Fauziah Ramdan Manajemen
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Shopping Lifestyle, Price Discount, Impulse Buying

Abstract

Abstract. This research aims to find out the description of shopping lifestyle, price discount and impulse buying on Lazada e-commerce in Bandung, as well as how influence shopping lifestyle and price discount have on impulse buying partially and simultaneously. This research is a type of descriptive and verification research using quantitative research method. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The population in this research is people who live in bandung with a sample of 100 respondents. Then the data collection technique in this research is by distributing questionnaires. The data analysis used is descriptive and verification analysis, namely by using multiple regression analysis, t test, F test, and coefficient of determination. The results of this research show that the shopping lifestyle variable partially has a significant influence on impulse buying, price discount partially have a significant influence on impulse buying, and shopping lifestyle and price discount simultaneously have a significant influence on impulse buying on Lazada e-commcer in Bandung.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran shopping lifestyle, price discount dan impulse buying pada e-commerce Lazada di bandung, serta seberapa besar pengaruh shopping lifestyle dan price discount terhadap impulse buying secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitain deskriptif dan verifikatif dengan menggunaakan metode penelitian kuantitatif, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Bandung yang dengan sampel sebanyak 100 responden. Lalu Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analiss deskriptif dan verifikatif yaitu dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji t uji F, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel shopping lifestyle secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, price discount secara parsial berpengsruh signfikan terhadap impulse buying, serta shopping lifestyle dan price discount secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada e-commerce Lazada di bandung.

References

[1] Ahdiat, A. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. Datadoks.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023
[2] Baskoro, T. (2023). Peran E-Commerce Dalam Pembangunan Ekonomi Di Era Digital.Kompasiana.Com.https://www.kompasiana.com/tiasbakaro5976/6422411508a8b5212a730922/peran-e-commerce-dalam-pembangunan-ekonomi-di-era-digital#google_vignette
[3] Bps.go.id. (2020). Statistik E-comnmerce 2020. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2020/12/24/2548417ddc6dab8247553124/statistik-e-commerce-2020.html
[4] Burhan, F. A. (2021) lazada: Omset penjual naik 3 kali lipat saat 11.11 dan 12.12 2020.Katadata.co.id.https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/615d7ef2ef179/lazada-omzet-penjual-naik-3-kali-lipat-saat-1111-dan-1212-2020
[5] Hayashi, R. M. (2023). Populix Ungkap Sifat Masyarakat Indonesia Saat Belanja Online: Impulsif. KumparanBisnis. https://kumparan.com/kumparanbisnis/populix-ungkap-sifat-masyarakat-indonesia-saat-belanja-online-impulsif-1zs7T7zjQ9n/full
[6] Putri, V. K. M. (2021) 4 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen.Kompas.com.https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/30/110000669/4-faktor-utama-yang-memengaruhi-perilaku-konsumen
[7] Rizaty, M. A. (2023). Daftar Negara Paling Gemar Belanja Online, Ada Indonesia.DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/daftar-negara-paling-gemar-belanja-online-ada-indonesia
[8] Ranto, D. W. P., Hariningsih, E., Prasetyanto, W. E., & Oktafiani, D. M. (2021). Price Discounts and Fashion Involvement to Increase Online Impulsive Buying: Study Among Teenagers at Yogyakarta. International Journal of Business, Management and Economics, 2(4), 239–250. https://doi.org/10.47747/ijbme.v2i4.408
[9] Sari, M. D. K., & Yasa, N. N. K. (2021). role of hedonic consumption tendency mediate the effect of fashion involvement on impulsive buying. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 8(1), 70–82. https://doi.org/10.21744/irjmis.v8n1.1116
[10] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-02-05