Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Purchase Decision Smartphone Merek Oppo di Kecamatan Majalaya

  • Muhammad Farhan Januar Manajemen
  • Dedy Ansari Harahap, Nindya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Nindya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Citra Merek, Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek

Abstract

Abstract. The need for smartphones in Indonesia is increasing due to the increase in the use value of smartphones, this has made the competition in the smartphone industry even tighter. Facing this competition, companies need to know the factors that cause consumers to choose a product. The purpose of this study was to analyze the influence of brand image, brand awareness and brand trust on purchase decisions for Oppo brand smartphones in Majalaya sub-district. This type of research is included in descriptive and verification research with quantitative methods. This research was conducted by distributing questionnaires to 160 respondents. The sampling technique used is non-probability sampling. The analytical method used is multiple linear regression analysis with the help of SPSS 25 software, hypothesis testing using the T test and F test. The results of the study show that brand image partially has no significant effect on purchase decisions. Brand awareness partially has a significant effect on purchase decision. Brand trust partially has a significant effect on purchase decision. As well as brand image, brand awareness and brand trust simultaneously have a significant effect on the purchase decision of the Oppo brand smartphone in Majalaya sub-district.

Abstrak. Kebutuhan akan smartphone di Indonesia meningkat karena peningkatan nilai guna smartphone, hal ini membuat persaingan industri smartphone semakin ketat. Menghadapi persaingan ini, perusahaan perlu mengetahui faktor penyebab konsumen memilih suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, brand awareness dan brand trust terhadap purchase decision smartphone merek Oppo di kecamatan Majalaya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 160 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 25, uji hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase decision. Brand awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap purchase decision. Brand trust secara parsial berpengaruh signifikan terhadap purchase decision. Serta brand image, brand awareness dan  brand trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap purchase decision smartphone merek Oppo di kecamatan Majalaya.

References

Amanah, Dita, Ansari Harahap, D., Gunarto, Muji dan Purwanto. (2021). Merek dan Customer Delight terhadap Loyalitas Pelanggan. (Studi Empiris Pada Amanda Brownies Setiabudhi Bandung). Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 5 No. 1 Hal. 63-79.

Amanah, Dita, Handoko, B., Rifki Hafas, H., Hermansyur dan Ansari Harahap, D. (2021). Customer Retention : Switching Cost Brand Trust Perspective. PalArch’s Journal of Archeology of Egypt/Egyptologi (PJAEE). Vol 18. No. 4.

Amron. (2018). The Influence Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal. Vol. 14 No. 13.

Aulia, Difa dan Ansari Harahap, D. (2022). Pengaruh Persepsi Resiko, Kepercayaan Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online di Go Food. Bandung Conference Series: Business and Management. Vol. 2 Hal. 105-111.

Cahyani, Ni Made Aprilia Dea dan Ni Made Asti Aksari. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen. Vol.11 No. 11.

Dwiyanti, Eris, Nurul Qomariah dan Wenny Murtalining Tyas. (2018) Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Rinso Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia. Vol. 8 No. 2.

Harahap, Dedy Ansari. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol. 7 No. 3 227-242.

Heliani, Helen., Ansari Harahap, D., dan Estri Ayu Mahani, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffe Shop Work Coffe di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management. Vol. 2 No. 2 Hal. 1331-1338.

Ningtyas, Anisa Nugraha, Tresnati, Ratih dan Ansari Harahap, D. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Keberagaman Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Baso Iqbal Cimahi. Prosiding Manajemen. Vol. 7 No. 1.

Yunita, Puput dan Lies Indriyatni. (2022). Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan Ms Glow Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. Vol. 5 Hal. 279-287.

Anjani, D. D., Ratih Tresnati, & M. Malik Akbar Rohandi. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad di Kota Bandung). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.219

Diana, R., & 2, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. 1(1), 35–44. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Ihsanudin, D., Oktini Prodi Manajemen, D. R., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Pengaruh Celebrity Endroser dan Brand Personality terhadap Purhase Intention pada Produk Erigo Store di Kota Bandung. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.1873

Published
2024-02-05