Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Transmart Trans Studio Mall Bandung
Abstract
Abstract. Job satisfaction is defined as a pleasant or positive emotional state resulting from an appraisal of one's work or experiences. Every company will always strive to improve the quality of the workforce for each employee it has by fulfilling employee job satisfaction. However, achieving job satisfaction can be hampered if employees have an excessive workload. According to Indriawati & Putro, (2022) they stated that an employee's workload needs to be considered, because with less effective working hours and excessive workload, job dissatisfaction will arise. Based on this phenomenon, the problem in this research is formulated as follows: (1) What is the workload of employees at Transmart Trans Studio Mall Bandung? (2) How is the job satisfaction of Transmart Trans Studio Mall Bandung employees? (3) How does workload affect the job satisfaction of Transmart Trans Studio Mall Bandung employees?. This type of research uses descriptive and verification analysis methods with a quantitative approach. The data collection methods used were interviews and questionnaires. The sample in this research was all Transmart Trans Studio Mall Bandung employees, totaling 103 people. The results of this research conclude that 1) Transmart Trans Studio Mall Bandung employee job satisfaction is in the good category. 2) The workload of Transmart Trans Studio Mall Bandung employees is in the sufficient category. 3) There is a positive and significant influence between the Workload variable on Transmart Trans Studio Mall Bandung Employee Job Satisfaction of 4% and the remaining 96% is influenced by other variables not examined in this research.
Abstrak. Kepuasan kerja didefinisikan sebagai keadaan emosional yang menyenangkan atau positif yang dihasilkan dari penilaian pekerjaan atau pengalaman seseorang. Setiap perusahaan akan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja setiap karyawan yang dimilikinya melalui pemenuhan kepuasan kerja karyawan. Namun tercapainya kepuasan kerja dapat terhambat jika karyawan memiliki beban kerja yang berlebih. Menurut Indriawati & Putro, (2022) dalam penelitiannya menyatakan bahwa beban kerja seorang karyawan perlu diperhatikan, karena dengan jam kerja yang kurang efektif serta limpahan pekerjaan yang berlebihan maka akan timbul sikap ketidakpuasan kerja. Permasalahan diatas terjadi pada objek penelitian yang sedang penulis teliti. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana beban kerja karyawan pada Transmart Trans Studio Mall Bandung? (2) Bagaimana kepuasan Kerja karyawan Transmart Trans Studio Mall Bandung? (3) Bagaimana pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Transmart Trans Studio Mall Bandung? . Jenis Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Transmart Trans Studio Mall Bandung yang berjumlah 103 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Kepuasan kerja karyawan Transmart Trans Studio Mall Bandung dalam kategori baik. 2) Beban kerja karyawan Transmart Trans Studio Mall Bandung dalam kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Transmart Trans Studio Mall Bandung sebesar 4% dan sisanya sebesar 96% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Astuti, R. D., Herawati, J., & Sepytarini, E. (2022). Pengaruh Beban Kerja , Stress Kerja , dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan: Studi Kasus pada PT. Wika-Wg Kso Proyek Pembangunan Gedung Sglc & Eric. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1119–1136. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i4.1065
Arum, K. P., & Irfani, A. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kepuasan Kerja. Prosiding Manajemen, 7(2), 397–400. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29575
Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2)
Cahyani, A. S., Suwarsi, S., & Assyofa, A. R. (2020). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Mitra Lestari Sejati Bandung. Prosiding Manajemen, 6(1), 624–629. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/21308
Hasyim, W. (2020). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Yaskawa Electric Indonesia. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 185–192. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.41
Hermingsih, A., & Purwanti, D. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. 9(3), 574–597
Indriawati, A., & Putro, S. E. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Greenlife Tirta Sentosa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 1(3), 34–33. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.437
Kaontole, I. T. S., Rumayar, A. L. E., & Kumaat, M. M. (2023). Analisis Karakteristik dan Tingkat Pelayanan Arus Pejalan Kaki (Studi Kasus: Jl. Suprapto–Jl. Lembong). Tekno, 21(84). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/48457%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/48457/42771
Luthans, F., Luthans, B. C., & Luthans, K. W. (2021). Organizational Behavior : an evidenced based approach (14th ed.). Charlotte, North Carolina: IAP (Information Age Publishing).
Nurhandayani, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Beban Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil), 1(2), 108–110. https://doi.org/10.58765/ekobil.v1i2.65
Putri, Z. A., & Susetyo, S. (2021). Job Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Emotional Intelligence Terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/insight.16.1.153-164
Sari, A., & Rahyuda, A. G. (2019). The Effect of Work Loads on Job Satisfaction Mediated By Job Stress. International Journal of Economics and Management Studies, 6(8), 174–181. https://doi.org/10.14445/23939125/ijems-v6i8p119
Siboro, E. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Beban Kerja, Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Stres Kerja Pada Aparat Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Studi Pada Direktorat Reserse Kriminal Khusus). JESYA (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.616
Silalahi, H. K., Fathimahhayati, L. D., & Tambunan, W. (2021). Analisis Beban Kerja Mental Dan Fisik Operator Hd Komatsu 785-7 (Studi Kasus: Pt.Sims Jaya Kaltim. Arika, 15(1), 37–50. https://doi.org/10.30598/arika.2021.15.1.37
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawati, ed.). Bandung: Alfabeta.
Tarwaka. (2019). Ergonomi Industri (2nd ed.). Surakarta: Harapan Press.
Temesvari, N. A., & Br Subakti, D. (2020). Hubungan Fasilitas Kerja dengan Kepuasan Kerja di Unit Rekam Medis Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan, 11(2), 175. https://doi.org/10.26630/jk.v11i2.1939
Zaki, H., & Marzolina. (2018). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention Karyawan. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 8(1), 108–117
Agung Pamungkas Sutopo, L., Roosallyn Assyofa, A., Iss Prodi Manajemen, A., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Bandung Conference Series: Business and Management Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Pos Indonesia Cabang Asia Afrika Bandung. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.1832
Annisa Miftahul Maghfiroh, Frendika, R., & Roosallyn, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.6450
Nandita, F., & Rosdiana, Y. (2023). Pengaruh Pengendalian Internal dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. 1(1), 1–8. https://doi.org/10.29313/iconomics.vxix.xxx