Pengaruh Budaya Kaizen terhadap Kinerja Karyawan pada PT. JNE Station Center Gedebage Bandung

  • Azra Putriyadira Tanjung Manajemen
  • Sri Suwarsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen
  • Aditia Wirayudha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen
Keywords: Budaya Kaizen, Kinerja Karyawan

Abstract

Abstract. Performance is the result or achievement that has been achieved by employees for the tasks and responsibilities given. Many factors can improve performance, one of which is organizational culture. The organizational culture applied by PT. JNE Station Center Gedebage Bandung, namely Kaizen Culture. Kaizen culture is an organizational culture derived from Japanese culture, namely "kai" change and "zen" goodness, meaning a culture that implements a process of continuous change for the better supported by the 5R movement (Concise, Neat, Clean, Care and Diligent).This study aims to 1) Know the existence of the implementation of kaizen culture 2) Analyze employee performance 3) The influence of kaizen culture on employee performance at PT. JNE Station Center Gedebage Bandung. The method used in this research uses descriptive analysis and verification with a quantitative approach. The data collection techniques used were observation, interviews and questionnaires. The population in this study was 100 people and the researchers used a simple random sampling method or as many as 80 people.Based on the results of this study, it can be concluded that: 1) The application of the kaizen culture is categorized as very good. 2) The results of employee performance are categorized as very good. 3) There is a positive and significant influence between the kaizen culture variable and employee performance. But from the test results of the coefficient of determination the R Sqaure value in the kaizen culture only has a 10.4% effect on employee performance in the "weak" category, meaning that 89.6% is influenced by other factors not tested.

Abstrak. Kinerja merupakan hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh karyawan atas tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Banyak faktor yang dapat meningkatkan kinerja salah satunya budaya organisasi. Budaya organisasi yang diterapkan oleh perusahaan PT. JNE Station Center Gedebage Bandung yaitu Budaya Kaizen. Budaya Kaizen adalah budaya organisasi berasal dari budaya Jepang yaitu “kai” perubahan dan “zen” kebaikan artinya budaya yang menerapkan proses perubahan terus menerus menjadi lebih baik didukung oleh gerakan 5R (Ringkas, Rapih, Resik, Rawat dan Rajin). Penelitian ini betujuan untuk 1) Mengetahui adanya penerapan budaya kaizen 2) Menganalisis kinerja karyawan 3) Pengaruh budaya kaizen terhadap kinerja karyawan pada PT. JNE Station Center Gedebage Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan penyebarakan angket. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100 orang dan peneliti menggunakan metode simple random sampling atau sebanyak 80 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan budaya kaizen dikategorikan sangat baik. 2) Hasil kinerja karyawan dikategorikan sangat baik. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel budaya kaizen dengan kinerja karyawan. Tetapi dari hasil uji koefisien determinasi nilai R Sqaure pada budaya kaizen hanya memberikan pengaruh 10,4% terhadap kinerja karyawan dikategorikan “lemah”, artinya 89,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diujikan.

References

[1] Aditama, R. A. (2020). PENGANTAR MANAJEMEN (Teori dan Aplikasi). Malang: AE Publishing .
[2] Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
[3] Fiana, A., Dahidi, A., & Sudjianto. (2018). Analisis Penerapan Budaya Kaizen Pada Perusahaan Jepang. EDUJAPAN.
[4] Hair, J., Joseph, H., & et al. (2011). Multivariate Data Analysis. NewJersey: PrenticeHall.
[5] Hasibuan, H. M. (2019). Manajemen Sumberdaya Manusia. . Jakarta: Bumi Aksara.
[6] Imai, M. (2008). Kaizen Sukses Melalui Penyempurnaan Mutu Berkelanjutan. Jakarta: PP Manajemen.
[7] Imai, M. (2014). Kaizen Kunci Sukses Jepang Dalam Persaingan. Jakarta: PPM.
[8] Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers.
[9] Kato, I., & Smalley, A. (2011). Toyota Kaizen Methods. New York: Taylor and Francis Group, LLC.
[10] Kusumaningrum, D., & Muhtadin. (2018). Pengaruh Budaya Kaizen Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indospring, Tbk di Gresik. GEMA EKONOMI.
Published
2024-02-02