Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Kawasan Taman Kota Manis sebagai Sarana Rekreasi Kota di Kota Pangkalan Bun

  • Hendrik Afriyogi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Verry Damayanti Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Taman Kota, Ruang Publik, CSI

Abstract

Abstract. The Manis City Park area in Pangkalan Bun City is the only urban recreational facility located in the city center and serves the community on a city scale. However, the facilities in this area face several challenges, including issues of comfort, safety, accessibility and meaningfulness, which can affect people's interest in visiting. This study aims to assess the level of public satisfaction with the performance of Taman Kota Manis as an urban recreational facility. Primary data was collected through questionnaires distributed to 100 park visitors, and analysis was carried out using the Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) methods. The results of the IPA analysis show that there are four main attributes that require immediate attention, namely supporting facilities, the functioning of CCTV, lighting, and paths and facilities for disabilities. Other attributes, such as the placement of trash can facilities, the availability of security officers, and parking lots, are included in the "Maintain Achievement" category. Meanwhile, the results of the CSI analysis show that overall, the level of visitor satisfaction with the Manis City Park Area is 59.87%, which falls into the "Neutral" category. This study provides recommendations to park managers to improve facilities that are considered important by visitors, so as to increase community satisfaction and make the Manis City Park Area a more optimal recreational facility in the future.

Abstrak. Kawasan Taman Kota Manis di Kota Pangkalan Bun merupakan satu-satunya sarana rekreasi kota yang terletak di pusat kota dan melayani masyarakat dalam skala kota. Namun, fasilitas di kawasan ini menghadapi beberapa tantangan, termasuk masalah kenyamanan, keamanan, aksesibilitas, dan kebermaknaan, yang dapat memengaruhi minat masyarakat untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kawasan Taman Kota Manis sebagai sarana rekreasi kota. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengunjung taman, dan analisis dilakukan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa terdapat empat atribut utama yang memerlukan perhatian segera, yaitu fasilitas pendukung, berfungsinya CCTV, lampu penerangan, serta jalur dan fasilitas untuk disabilitas. Atribut-atribut lain, seperti penempatan fasilitas tempat sampah, ketersediaan petugas keamanan, dan lahan parkir, termasuk dalam kategori "Pertahankan Prestasi". Sementara itu, hasil analisis CSI menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tingkat kepuasan pengunjung terhadap Kawasan Taman Kota Manis adalah 59,87%, yang masuk dalam kategori "Netral". Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pengelola taman untuk meningkatkan fasilitas yang dianggap penting oleh pengunjung, sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan menjadikan Kawasan Taman Kota Manis sebagai sarana rekreasi yang lebih optimal di masa depan.

References

Mua, G. P., & Suheri, T. (2017). Tingkat kepuasan masyarakat tentang alun-alun Kota Bandung sebagai ruang terbuka publik. Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(2)

Djadjuli, D. (2018). Peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi daerah. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 8-21.

Hastita, D. H., Yuslim, S., & Luru, M. N. (2020). Kajian fungsi sosial-budaya ruang terbuka hijau publik Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Jurnal Arsitektur Lansekap, 6(2), 272-278.

Sari, D. P. (2020). Ta: Identifikasi Kepuasan Pengunjung Terhadap Taman Balai Kota Bandung Sebagai Ruang Terbuka Publik (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Bandung).

Carmona M, Tiesdell S, Heath T, Oc T. Public Place Urban Space [Internet]. Second edi. Vol. 53. Oxford: Architectural Press; 2010. Tersedia pada: http://jurnal.unmer.ac.id/jbm/article/download/70/11%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/5 617/6/BAB III nita - revisi.pdf%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5617%0A%0Ahttp://repository.ut.a c.id/4408/2/SKOM4101-M1.pdf

Addini, F. (2021). Kajian Kualitas Ruang Terbuka Hijau Publik Di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Fandeli, C. (2021). Pembangunan kota hijau. Ugm Press.

Insani, R. T., & Buchori, I. (2020). Kepuasan Pengunjung Terhadap Taman Arena Remaja Sebagai Sarana Rekreasi Di Kota Jambi. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 9(2), 123-134.

Trihastusti, A., Santoso, S., & Soepriyadi, N. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Publik Terhadap Taman Kota Sebagai Ruang Publik Di Kota Surabaya. Jea17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 4(02).

Nidra, R. P. (2015). Analisis Sarana Rekreasi Terhadap Kepusan Pengunjung di Alun-Alun Kota Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Luthfiyyah Nurjaman, & Ernawati Hendrakusumah. (2023). Identifikasi Tingkat Kenyamanan Ruang Terbuka Publik Pusat Kota Sukabumi. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah Dan Kota, 139–150. https://doi.org/10.29313/jrpwk.v3i2.2751.

Nurhasan, A. U., & Damayanti, V. (2022). Evaluasi Fungsi Ekologis Taman Kota dalam Upaya Peningkatan Kualitas Ruang Perkotaan. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah Dan Kota, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.29313/jrpwk.v1i2.479.

Luthfiyyah Nurjaman, & Ernawati Hendrakusumah. (2023). Identifikasi Tingkat Kenyamanan Ruang Terbuka Publik Pusat Kota Sukabumi. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah Dan Kota, 139–150. https://doi.org/10.29313/jrpwk.v3i2.2751.

Published
2024-08-13