Perancangan Branding Kawasan Wisata Srengseng Sawah, Jakarta Selatan

  • Eren Reyhan Perencanaan Wilayah dan kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Ina Helena Agustina Perencanaan Wilayah dan kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Riswandha Risang Aji Perencanaan Wilayah dan kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Branding, Kawasan Wisata, Perkampungan Budaya Betawi

Abstract

Abstract. Branding design needs to be done because the Betawi Cultural Village has not been able to provide a memorable experience for tourists, so it does not intend to return to Betawi Cultural Village tourism.This condition shows that the Betawi Cultural Village is not yet popular and known by many tourists. A number
of these phenomena become a reason that must be found in the formation of the identity of tourist destinations in Serengseng Sawah.The existence of this problem makes an impetus in the emergence of a goal, namely identifying branding as an effort to increase the development of Betawi Cultural Village tourism. The approach method taken is qualitatively with data collection methods, namely primary (field observation, interviews and questionnaires) and secondary (literature studies) using branding analysis methods to identify them. Based on the results of the analysis, the Betawi Cultural Village still does not have a strong identity.

Abstrak. Perancangan branding perlu dilakukan karena Perkampungan Budaya Betawi belum mampu memberikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan, sehingga tidak berniat untuk kembali ke wisata Desa Budaya Betawi. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa Perkampungan Budaya Betawi belum populer dan dikenal oleh banyak wisatawan.Sejumlah fenomena tersebut menjadi sebuah alasan yang harus ditemukan dalam pembentukan identitas destinasi wisata yang ada di Serengseng Sawah. Adanya permasalahan ini menjadikan suatu dorongan dalam munculnya suatu tujuan yakni mengidentifikasi branding sebagai upaya
meningkatkan pengembangan wisata Perkampungan Budaya Betawi. Metode pendekatan yang diambil yakni secara kualitatif dengan metode pengumpulan data yakni secara primer (observasi lapangan, wawancara dan kuesioner) dan sekunder (studi literatur) dengan menggunakan metode analisis branding untuk
mengidentifikasinya. Berdasarkan hasil analisis menghasilkan Perkampungan Budaya Betawi masih belum memiliki identitas yang kuat dan juga belum menyampaikan atau menggambarkan Perkampungan Budaya Betawi secara keseluruhan branding Kawasan Wisata Perkampungan Budaya Betawi yang dilakukan berupa perancangan informasi visual berupa logo. 

References

Aulia, Rahmiati. (2020). Kajian efektivitas ornamen gigi balang sebagai identitas infrastruktur Kota Jakarta.

Abdulloh, A.S., Indrojarwo, B.T., 2021. Perancangan Destination Branding Kawasan Cagar Budaya Trowulan sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. J. Sains dan Seni ITS 9, 304–311. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.57831

Adona, F., Nita, S., Mafrudoh, L., 2017. City Branding: Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Padang. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Calll Pap. UNISBANK KE-3 (SENDI_U 3 3, 536–546.

Agustina, I H, Ekasari, A. M., Fardhani, I., Hindersah, H., & Syahzidan, A. A. (2021). Technology measuring buildings’ quality for cultural heritage palaces in Cirebon, Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(6), 062022. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/6/062022

Agustina, Ina Helena, Ekasari, A. M., Rochman, G. P., Fardani, I., & Risang Aji, R. (2023). Study of Spatial Change in Astana Village Heritage Area, Cirebon, Indonesia. Planning Malaysia, 21(6), 17–28. https://doi.org/10.21837/pm.v21i30.1383

Aji, R. R. (2021). Pengembangan Pariwisata Alam dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 16(2), 9–17. https://doi.org/doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.321

Aji, R. R., Aviandro, S., Hakim, D. R., & Djabrail, A. F. N. (2020). Environmental determinants of destination competitiveness: A case study. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(3). https://doi.org/10.1088/1757- 899X/830/3/032068

Aji, R. R., & Faniza, V. (2021). Land Cover Change Impact on Coastal Tourism Development near Pacitan Southern Ringroad. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(1), 101–109. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i1.6620

Bagaskara, M.R., 2022. Perancangan Identitas Visual Lumbung Stroberi Kota Wisata Batu Sebagai Upaya Mendukung Brand Awareness 1–23.

Brand, P., Wonderful, P., Terhadap, I., Wisatawan, K., Untuk, M., Ke, B., 2014. PENGARUH BRAND POSITIONING WONDERFUL INDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MANCANEGARA UNTUK BERKUNJUNG KE INDONESIA.pdf 741–758.

Budi Laksana, P., Said, A., 2012. STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA KOTA SURAKARTA MELALUI CITY BRANDING (Studi pada Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Surakarta). Jap) 3, 73–79.

Chandra, A., Zubaidah, Z., 2021. Visual Identity Menara Gentala Arasy Di Kota Jambi. DEKAVE J. Desain Komun. Vis. 11, 262. https://doi.org/10.24036/dekave. v11i2.113226

da Silva Oliveira, E.H., 2015. Place branding in strategic spatial planning: A content analysis of development plans, strategic initiatives and policy documents for Portugal 2014-2020. J. Place Manag. Dev. 8, 23–50. https://doi.org/10.1108/JPMD-12-2014-0031

Husnul Khaatimah, R.W., 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. J. Teknolofi Pendidik. 2, 76–87.

Imam Iskandar, M., Ariffudin Islam, M., 2021. Destination Branding: Pendekatan Segmentation, Targetting, Dan Positioning Dalam Perancangan Media Wisata Bahari Tlocor Sidoarjo. J. Barik 1, 164–180.

Indriani, A., Wilopo, W., Pangestuti, E., 2016. PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG (Studi Pada Jawa Timur Park 2 Kota Batu). J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya 37, 113–120.

Irawati, N., Priyanto, S.E., Kristiutami, Y.P., 2021. Analisis Destination Branding Kawasan Wisata Taman Sari melalui Metode Importance Performance Analysis. Media Wisata 17. https://doi.org/10.36276/mws.v17i2.157

Kavaratzis, M., & Ashworth, G.J., 2005. City branding: an effective assertion of. Tijdschr. voor Econ. en Soc. 96(5), 506.

Kusmiati, K., 2019. Implementasi Bimbingan Keagamaan Orang Tua Dalam Menangani Krisis Moral Remaja Desa Gamong Kecamatan Kaliwungu Kudus 48–57.

Lanita, K.R.A., Natadjaja, L., Febriani, R., 2019. Perancangan Destination Branding Desa Wisata Pujon Kidul Malang Jawa Timur. J. DKV Adiwarna 1, 1–11.

Masruroh, 2018. Analisis Branding Dalam Upaya Pengembangan Destinasi Wisata Religi Sunan Drajat.

Matanda, T., Ewing, M.T., 2012. The process of global brand strategydevelopment and regional implementation. Int. J. Res. Mark. 29, 5–12. https://doi.org/10.1016/ j.ijresmar .2011.11.002

Mustofa, M.B., Wuryan, S., Meilani, F., 2021. Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir J. Ilm. Prodi Komun. Penyiaran Islam 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v12i1.510

Nursilah, D., Hendrayati, H., 2016. PENGARUH BRAND POSITIONING “EVERYDAY IS HOLIDAY” TETHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET WISATA DI MARGA TOUR BANDUNG (Survei terhadap pengambil keputusan pembelian paket wisata tahun 2011-2013 di Marga Tour Bandung). J. Tour. Hosp.Essentials J. 5, 849. https://doi.org/10.17509/thej.v5i1.1999

Pike, S., Bianchi, C., Kerr, G., Patti, C., 2010. Consumer-based brand equity for Australia as a long-haul tourism destination in an emerging market. Int. Mark. Rev. 27, 434–449. https://doi.org/10.1108/02651331011058590

Teori, A.D., Berbasis, P., Project, P., Learning, B., Pembelajaran, P., Kusumadhita, F.D., Putri, M.T.G., Rosita, D.Q., Syamdani, I.M., Bagaskara, M.R., Aulia, R., Bloom, N., Reenen, J. Van, Alfreda, S.W., 2022. BAB II LANDASAN TEORITIS A. Deskripsi Teori 1. Pembelajaran Berbasis Proyek (. NBER Work. Pap. 4, 89. https://doi.org/ 10.30998/vh.v4i2.6249

W. Y. Astari and G. P. Rochman, “Hubungan Timbal Balik antar Aktor dalam Pengembangan Wisata Budaya Keraton Kota Cirebon,” Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota, pp. 47–54, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpwk.v3i1.1950.

Anissa Fitri Chaerunissa and Asep Hariyanto, “Dampak Industri Pariwisata terhadap Perekonomian Masyarakat di Kampung Seni dan Budaya Jelekong,” Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota, pp. 107–114, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpwk.v3i2.2742.

A. Fadliatul Falah and N. Fauzi Isniarno, “Penentuan Zona Aquifer di Quarry Trass PT Indocement Tunggal Prakarsa Desa Kedondong, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon,” Journal of Mining Engineering, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: 10.29313/minetech.vxix.xxx.

Published
2024-02-29