Tijauan Etika Bisnis Islam terhadap Metode Pembayaran yang Dilakukan Driver pada Layanan Trasnportasi Online

  • Lusi Handayani Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Muhammad Yunus Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Arif Rijal Anshori Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode Transaksi, Ojek Online Grab, Etika Bisnis Islam

Abstract

Abstrak. Transportasi online Grab, selama perjalanan penumpang diharapkan tetap menjaga aplikasi Grab tetap aktif untuk memantau posisi kendaraan melalui peta,  tampilan fitur pusat keselamatan yang mana itu sangat penting untuk keadaan darurat. Driver mendapatkan 80% dari penghasilan dan perusahaan Grab mendapatkan 20%. Namun, peneliti menemukan bahwa driver mencoba mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari 80%. Driver meminta penumpang untuk menonaktifkan atau membatalkan pesanan perjalanan tetapi tetap diantar sampai ketujuan yang penumpang inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana metode transaksi yang diterapkan antara driver Grab dengan penumpang dan memahami tinjauan etika bisnis Islam terhadap metode pembayaran yang dilakukan oleh driver Grab. Kerangka pemikiran dalam penelitian melibatkan konsep metode transaksi driver berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Jenis peneltian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif-empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Kemudian data yang di dapat di analisis menggunakan analisis studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa driver ojek online Grab melanggar kode etik dari perusahaan Grab karena driver meminta penumpang untuk mematikan aplikasi pesanan yang mana Grab akan mendapatkan kerugian. Berdasarkan prinsip etika bisnis Islam hal yang dilakukan driver tidak sesuai dengan empat prinsip etika bisnis Islam yaitu tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab.

Abstract. Grab online transportation, during the trip, passengers are expected to keep the Grab application active to monitor the vehicle's position via the map, display the safety center feature which is very important for emergencies. Drivers get 80% of the earnings and Grab companies get 20%. However, researchers found that drivers try to get a profit greater than 80%. Drivers ask passengers to deactivate or cancel travel orders but still be delivered to the destination the passenger wants. This study aims to find out and understand how the transaction method is applied between Grab drivers and passengers and understand the Islamic business ethics review of the payment method used by Grab drivers. The conceptual framework in this study involves the concept of a driver transaction method based on the principles of Islamic business ethics. This type of research is a qualitative research using a normative-empirical approach. Sources of data used are primary data and secondary data. Collecting data using interview methods, literature study and documentation study. Then the data can be analyzed using case study analysis. The results of the study show that Grab online motorcycle taxi drivers violate the code of ethics of the Grab company because drivers ask passengers to turn off the order application in which Grab will incur a loss. Based on the principles of Islamic business ethics, the things that drivers do are not in accordance with the four principles of Islamic business ethics, namely monotheism, balance, free will, responsibility.

References

[1] Pengantar Bisnis Modern, Kajian Dasar Manajaemen Perusahaan Pandji Janti, Sugiatutu, Anogara PT Dunia Pustaka (1996)
[2] Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil, Amalia Fitri Journal Of Islamic Economics (2017) 6 (1)
[3] Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Kecurangan Transportasi Online, Putri Handayani STIE Widya Wiwawa (2018)
[4] Etika Bisnis Islam Era 5.0, Fauzia, Ika Yunia Raja Grafindo Persada (2021)
[5] Etika Bisnis Islam, Yakub Hamzah Rineka Cipta (2017)
[6] Etika Bisnis Perspektif Islam, Aziz, Abdul Alfabeta (2013)
[7] Aspek Hukum Dalam Muamalah, Muhammad Graha Ilmu (2018)
[8] Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam, Kholiq, Achmad Pesantren Virtual (2015)
[9] Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung), Fitry, Titin, Sri Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (2016), (2), 2
Published
2023-08-04